PEMBELAJARAN PADUAN SUARA SECARA ACAPELLA MENGGUNAKAN MODEL DIRECT INSTRUCTION PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 50 PALEMBANG

Sri Rahayu Murni, Universitas PGRI Palembang, Indonesia
Liza Murniviyanti, Universitas PGRI Palembang, Indonesia
A. Heryanto, Universitas PGRI Palembang, Indonesia

Abstract


Masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana Pembelajaran Paduan Suara Secara Acapella Menggunakan Model Direct Instruction Pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 50 Palembang”?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pembelajaran secara Acapella pada kelas VIII di SMP Negeri 50 Palembang, yang secara spesifik untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran seni secara acapella menggunakan model Direct Instruction kelas VIII di SMP Negeri 50 Palembang. Dalam penelitian ini metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Berdasarkan pembahasan yang telah diuraikan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran paduan suara secara acapella dalam menyanyikan lagu Cup Mak Ilang kepada siswa kelas VIII di SMP Negeri 50 Palembang sudah berjalan dengan baik dan komunikasi  antara  guru dan siswa terjalan dengan baik yang menyebabkan siswa dapat menyerap materi pembelajaran paduan suara secara acapella dalam menyanyikan Cup Mak Ilang.

Keywords


Pembelajarn Paduan Suara, Direct Instruction

Full Text:

PDF

References


Arikunto,Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:Rineka cipta.

Dharsono. 2017. Kritik Seni. Bandung: Rekayasa Sains.

Herdiansyah, Haris. 2013. Wawancara, Observasi, Dan Focus Groups. Jakarta: PT Raja Grafiindo.

Mujiono dkk. 2013. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2014. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Oktara, Bebbi. 2011. Jago Teknik Vocal. Jakarta Timur: Gudang Ilmu.

Roestiyah. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sachari, Agus. 2006. Seni Rupa Dan Desain. Bandung: ITB

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Premade Media Grup.

Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.Bandung: Rosda Karya.

Sugiono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

_______2014.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta

._______2016.Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

_______2017.Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sutikno, Subri. 2014. Metode Dan Model-model Pembelajaran. Lombok: Holistica.




DOI: https://doi.org/10.21831/imaji.v19i1.38018

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Supervised by

RJI Main logo


Our Journal has been Indexed by:

       

 Creative Commons License

website statistics View My Stats