IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KREATIF SENI RUPA ANAK PAUD BERBASIS DARING

Devi Vionitta Wibowo, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
Aninditya Sri Nugraheni, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Kreativitas menjadi salah satu fokus utama pendidikan abad 21. Karena itu, penelitian ini mencoba menganalisis bagaimana implementasi pembelajaran kreatif seni rupa pada tingkat PAUD secara daring. Metode penelitian berbentuk kualitatif studi kasus pada Lembaga PAUD Masyithoh Rembang. Hasil penelitian menyatakan bahwa pembelajaran kreatif seni rupa dirangkum dalam silabus kurikulum darurat milik lembaga yang dibuat melalui program harian yang pelaksanaanya melalui Facebook, Youtube, Video Call, dan WhatsApp. Kegiatan seni rupa dua dimensi berupa kegiatan melukis serta seni tiga dimensi yang berupa karya membuat wayang binatang, mainan kacamata, gambar ikan dari barang bekas, kolase, serta bentuk rumah dari plastisin. Evaluasi yang didapat adalah anak dapat mengikuti kegiatan pembelajaran dengan baik dan melalui kegiatan ini dapat meningkatkan aspek perkembangan anak yang terdiri dari kognitif, sensorimotorik, bahasa, emosional serta bakat dan kreativitas anak.  

 

Kata Kunci: Pembelajaran, Kreatif, Seni Rupa, PAUD, Daring

 

 

IMPLEMENTATION OF ONLINE-BASED PAUD CHILDREN’S CREATIVE ARTS LEARNING

Abstract

 

       Creativity is one of the main focuses of 21st-century education. Therefore, this study tries to analyze how the implementation of fine arts online creative learning at PAUD level. The research method is in the form of a qualitative case study at the PAUD Masyithoh Institute, Rembang. The results of the study stated that creative art learning was summarized in the institution’s emergency curriculum syllabus, which was made through daily programs whose implementation was through Facebook, Youtube, Video Call, and WhatsApp. Two-dimensional art activities in the form of painting activities and three-dimensional art in the form of making animal puppets, glasses, toys, fish pictures from used goods, collages, and the shape of houses from plasticine. The evaluation obtained is that children can participate in learning activities well. Through these activities can improve aspects of child development consisting of cognitive, sensorimotor, language, emotional, and children’s talents and creativity..

 

Keywords: Learning, Creative, Fine Art, PAUD, Online

Keywords


Pembelajaran, Kreatif, Seni Rupa, PAUD, Daring Learning, Creative, Fine Art, PAUD, Online

Full Text:

PDF

References


Agustin, M., & Puspita, R. D. (2021). Tipikal Kendala Guru PAUD dalam Mengajar pada Masa Pandemi Covid 19 dan Implikasinya. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 334–345. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.598

Agustina, R. (2019). Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Media Peningkatan Kreativitas Pada Mata Pelajaran SBK. Joyful Learning Journal, 7(3), 75–79. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jlj.v7i3.25859

Anhusadar, L. (2016). KREATIVITAS PENDIDIK DI LEMBAGA PAUD. Al-Ta’dib: Kajian Ilmu Penidikan, 9(1), 76–93.

Apriyanti, H. (2017). Pemahaman Guru Pendidikan Anak Usia Dini Terhadap Perencanaan Pembelajaran Tematik. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 111–117. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.22

Astuti, E. P., Suardana, I. W., Ambarwati, D. R. S., Wulandari, D., & Isa, B. (2021). Teachers’ Perceptions of Museum-Based Learning and Its Effects on Creativity: A Preliminary Study. Proceedings of the 4th International Conference on Arts and Arts Education (ICAAE 2020), 552(ICAAE 2020), 215–221. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210602.043

Ayuni, D., & Marini, T. (2021). Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 414–421. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.579

Betiani, R. (2020). Dampak Pembelajaran Daring (Online) bagi Anak Usia Dini. Kompasiana.Com.

Fadlillah. (2014). Edutainment Pendidikan Anak Usia Dini: Menciptakan Pembelajaran Menarik, Kreatif dan Menyenangkan (Pertama). Kencana Prenamedia Group.

Faila, S. (2020). Inovasi Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pndemi Covid 19. Jurnal Buana Gender, 5(2), 1–12. https://doi.org/10.22515/bg.v5i2.2820

Fakhruddin, A. U. (2019). Menjadi Guru Paud. PT Alex Media Komputindo.

Hanafi, S. H., & Sujarwo, S. (2015). Upaya meningkatkan kreativitas anak dengan memanfaatkan media barang bekas di TK Kota Bima. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 215–225. https://doi.org/10.21831/jppm.v2i2.6360

Handayani, W. K., & Wirya, N. (2016). Penerapan Metode Bercerita Berbantu Media Wayang Kertas Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Kelompok A. Jurnal Pendidikan Anak Usia Din Undhiksa, 4(2), 1–11. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/paud.v4i2.7792

Hidayah, C. N. (2020). MENUMBUHKAN KECERDASAN EMOSIONALPADA ANAK USIA DINI MELALUI KESENIAN. Jurnal Pelita PAUD, 4(2), 269. https://doi.org/https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v4i2.987

I.Bagus. (2020). Analisis Gambar Karya Anak Usia Dini. Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 43–51. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.25078/pw.v5i1.1358

Iftitah, S. L. (2019). Evaluasi Pembelajaran Anak Usia Dini. Duta Media Publshing.

Jatmiko, A., Hadiati, E., & Oktavia, M. (2020). Penerapan Evaluasi Pembelajaran Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 83–97. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v3i1.6875

Khadijah & Gusman. (2020). POLA KERJA SAMA GURU DAN ORANGTUA MENGELOLA BERMAIN AUD SELAMA MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Kumara Cendekia: Jurnal Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2). https://doi.org/https://doi.org/10.20961/kc.v8i2.41871

Mahenra, K., & Sunarta, K. (2017). Peningkatan Apreasiasi dan Kreativitas Siswa SD Negeri Timuran Yogyakarta Pada Pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan (Seni Rupa) Menggunakan Menggunakan Media Wayang Punokawan. Jurnal Imaji Pendidikan Seni, 15(2). https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.21831/imaji.v15i2.15045

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI. (2020). Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebara Corona Virus Disease (Covid 19) (No. 4).

Rapisa, D. R. (2019). Program Latihan Koordinasi Sensomotorik Bagi Anak Usia Dini Dan Anak Usia Dini dan Anak Berkebutuhan Khusus. Deepublish.

Retnowati, T. H. (2009). Strategi Pembelajaran Seni Lukis Anak Usia Dini Di Sanggar Pratista Yogyakarta. Imaji, 7(2), 202–214. https://doi.org/10.21831/imaji.v7i2.6636

Santaria, R., & Setiawan, E. I. (2020). Tantangan Pembelajaran Daring Di Indonesia. Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 89–98. https://doi.org/https://doi.org/10.24256/kelola.v5i2.1397

Sarasehan, Y. (2020). Pengembangan Seni Rupa Tiga Dimensi Untuk. Jurnal Nanaeke Indonesian Journal of Early Childhood Education, 3(March 2019), 28–36. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/nananeke.v3i1.13557

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Method). Alfabeta.

Suhaedin, E., & Giri, P. (2016a). Empat Pilar Perubahan Paradigma Pendidikan Seni. Jurnal Imaji Pendidikan Seni, 14(1). https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.21831/imaji.v14i1.9529

Suhaedin, E., & Giri, P. (2016b). EMPAT PILAR PERUBAHAN PARADIGMA PENDIDIKAN SENI. Jurnal Imaji, 14(1). https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.21831/imaji.v14i1.9529

Suhendro, E. (2020). Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Din, 5(3), 1–8. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.14421/jga.2020.53-05

Susanto, A. (2020). Ruang Guru PAUD Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: Selama Pandemi Covid-19, Guru PAUD Harus Kreatif. Kemdikbud.Go.Id.

Wibowo, D. V., & Suyadi. (2020). Kegiatan Kreativitas Seni Warna Anak Usia Dini Melalui Permainan Cat Air di Masa Pandemi. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Anak Dini, 4(1), 74–87. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v

Wulandari, D. (2020). Advantages and challenges of the open-ended approach in nurturing creativity. 21st Century Innovation in Music Education, 468–474.

Wulandari, D., & Suryatna, A. (2017). The Role of Arts Education in Fostering Creative Problem Solving Skills and Its Implementation in Curriculum 2013. The International Seminar QUOVADIS of Traditional Arts XIII “Diversity in Culture.”

Yuangga, K. D., & Sunarsi, D. (2020). Pengembangan media dan strategi pembelajaran untuk mengatasi permasalahan pembelajaran jarak jauh di pandemi covid- 19. Jurnal Guru Kita, 4(3), 51–58.

Yulianingsih, W. (2021). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Journal of Early Childhood Education, 5(2), 1138–1150. https://doi.org/: 10.31004/obsesi.v5i2.740

Yuningsih, C. R. (2019). Pembelajaran Seni Rupa Di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Edukasi Sebelas April, 3(1), 1–7.




DOI: https://doi.org/10.21831/imaji.v19i2.37344

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Supervised by

RJI Main logo


Our Journal has been Indexed by:

       

 Creative Commons License

website statistics View My Stats