PEMBELAJARAN SENI TARI DALAM MENGHADAPI TANTANGAN REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Tresna Maya Sofa, Jurusan Pendidikan Seni Tari Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Abstrak: Kemajuan dunia teknologi yang ditandai dengan revolusi industri 4.0 memudahkan setiap individu memperoleh dan membagikan informasi dari dan ke berbagai sumber. Keadaan ini secara langsung memberikan dampak bagi perkembangan dunia pendidikan di Indonesia. Salah satu dampak positif dari revolusi industri 4.0 yakni munculnya pembelajaran berbasis sistem elektronik atau e-learning yang memberikan kemudahan bagi siapa saja untuk melakukan pembelajaran tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu. Hal ini tentu memberikan kemudahan dan keuntungan bagi para pendidik dan peserta didik dalam menyesuaikan kegiatan pembelajaran dan kebutuhan belajar setiap peserta didik. Namun, dalam proses pembelajaran seni tari, nampaknya perlu banyak menyesuaikan diri dengan keberadaan e-leraning ini, baik dari segi sarana dan prasarana, maupun konten pembelajaran. Hal ini mengingat seni tari merupakan pembelajaran yang melibatkan kemampuan dan kreativitas berolah gerak. Oleh karena itu maka, dibutuhkan pemikiran dan persiapan yang matang dalam menyediakan konten, meliputi sumber belajar dan aktivitas pembelajaran yang akan ditawarkan dalam e-learning. Berdasarkan hal tersebut maka, artikel ini akan dibahas mengenai karakteristik pembelajaran 4.0, konsep dan komponen pembelajaran berbasis e-learning dan argumen mengenai kesiapan dan langkah-langkah pembelajaran seni tari dalam menghadapi dunia pembelajaran baru yakni e-learning.

Kata kunci: Revolusi Industri 4.0, e-Learning, pembelajaran seni tari

LEARNING OF ARTS IN FACING INDUSTRIAL REVOLUTION 4.0
Abstract: The progress of the world of technology which is marked by the industrial revolution 4.0 makes it easy for individuals to obtain and share information from and to various sources. This situation directly impacts the development of education in Indonesia. One positive impact of the industrial revolution 4.0 is the emergence of electronic-based learning systems or e-learning that makes it easy for anyone to do learning without being limited by space and time. This certainly provides convenience and benefits for educators and students in adjusting the learning activities and learning needs of each student. However, in the process of learning dance, it seems that it is necessary to adapt to the existence of this e-leraning, both in terms of facilities and infrastructure, as well as learning content. This is because dance is a learning process that involves the ability and creativity to exercise. Therefore, careful thought and preparation are needed in providing content, including learning resources and learning activities that will be offered in e-learning. Based on this, this article will discuss the characteristics of learning 4.0, the concepts and components of e-learning based learning and arguments about the readiness and steps of learning dance in facing the new learning world, e-learning.

Keywords: Industrial Revolution 4.0, e-Learning, Dance Learning


Full Text:

PDF

References


Fisk, Peter. 2017. Education 4.0 The Future of Leraning Will Be Dramatically Different, in School and Throught Life. [online] diunduh pada laman http://www.thegeniusworks.com/2017/01/future-education-young-everyone-taught-together/

Ghufron, M.A. 2018. Revolusi Industi 4.0: Tantangan, Peluang, dan Solusi Bagi Dunia Pendidikan. Artikel Seminar Nasional dan Diskusi Panel Multidisiplin Hasil PPM. Jakarta, hlm 332-337.

Jazuli, M. 2016. Paradigma Pendidikan Seni. Semarang: CV. Farisma Indonesia

Lase, Delipiter. 2019. Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. Artikel Jurnal Sundermann. Nias, hlm. 28-43. [online] diunduh pada laman http://doi.org/10.36588/sudermann.v1i1.18

Noviyanti, Siti Risa., Sutiyono, S. 2017. Bentuk, Perubahan Fungsi, dan Nilai-nilai Edukatif pada Musik Tari Japin Tahlul di Amuntai. Imaji: Jurnal Seni dan Pendidikan Seni, 15(1), 97-112.

Sanusi, Achmad. 2014. Pembaharuan Strategi Pendidikan (Filsafat, Manajemen, dan Arah Pembangunan Karakter Bangsa. Bandung: Nuansa Cendekia.

Susilawati, Lusi., Sutiyono, S. 2017. Evaluasi Pelaksanaan Kurokulum 2013 Pada Mata Pelajaran Seni Tari. Imaji: Jurnal Seni dan Pendidikan Seni, 15(2), 126- 139.

Sutiyono. S. 2017. Art Attractions As Media of Learning to Have a Meaningful Learning. Journal of Management Sciences & Education Vol. 6(3), 1-8.

Tjadrawina, R.R. 2016. Industri 4.0: Revolusi indutri abad ini dan Pengaruhnya Pada Bidang Kesehatan dan Bioteknologi. Jurnal Medicinus, Vol 29, Nomor 1, Edisi April

Trilling, B & Fade, C. 2009. 21st-CenturySkills: Learning for Life in Our Times. US: Jossey-Bass A Wiley Imprint.




DOI: https://doi.org/10.21831/imaji.v18i1.30304

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Supervised by

RJI Main logo


Our Journal has been Indexed by:

       

 Creative Commons License

website statistics View My Stats