IMPLEMENTASI TEORI BELAJAR DALAM MATA KULIAH “ARRANGEMENT” DI S1 SENDRATASIK UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Nanda Kurnia Novandhi, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

Abstract


Arrangement merupakan salah satu ilmu yang harus dikuasai oleh seorang musisi atau orang yang berkecimpung dalam dunia seni musik. Aransemen juga merupakan salah satu yang paling penting dalam menunjang keberhasilan menciptakan sebuah komposisi musik. Pembelajaran aransemen diperlukan seorang musisi atau mahasiswa seni khususnya dalam seni musik karena, untuk membekali mereka dalam menjalani kehidupan sebagai seorang pemain musik. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Metode pembelajaran yang digunakan adalah pendekatan metode belajar secara konstruktivistik dan behavioristik. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui metode pembelajaran apa yang cocok untuk digunakan dalam perkuliahan aransemen. Manfaat penelitian secara teoritis adalah menambah literatur tentang metode pembelajaran dalam seni musik, dan manfaat secara praktis adalah membantu dalam refensi dalam membangun pembelajaran yang baik. 

Kata Kunci : Arrangement, Metode Belajar, Behavior, Konstruktif 

IMPLEMENTATION OF LEARNING THEORY IN THE “ARRANGEMENT” COURSE IN S1 SENDRATASIK, SURABAYA STATE UNIVERSITY

 

Abstract 

Arrangement is one of the sciences that must be mastered by a musician or person working in the world of music art. Arrangement is also one of the most important in supporting the success of creating a musical composition. Arrangement learning is needed by a musician or art student, especially in the art of music because, to equip them to live life as a music player. This type     of research used in this study is qualitative. The learning method used is a constructivist and behavioristic approach to learning methods. The purpose of this research is to find out what learning methods are suitable for use in lecturing arrangements. The theoretical benefit of research is to add to the literature on learning methods in the art of music, and the practical benefit is to help in the refinement in building good learning. 

Keywords: Arrangement, Learning Method, Behavior, Constructive

Full Text:

PDF

References


Prier, Karl-Edmund. 1996. Ilmu Bentuk Musik.

Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group




DOI: https://doi.org/10.21831/imaji.v17i2.27778

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Supervised by

RJI Main logo


Our Journal has been Indexed by:

       

 Creative Commons License

website statistics View My Stats