NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PERTUNJUKAN WAYANG COKEK LAKON “NDARU ING BUMI SUKOWATI”

Ardian Yuliani Saputri, Program Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret Surakarta, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap adanya nilai-nilai pendidikan karakter pertunjukan wayang Cokek pada lakon “Ndaru Ing Bumi Sukowati”. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah rekaman pertunjukan wayang Cokek lakon “Ndaru Ing Bumi Sukowati” yang telah diselenggarakan pada 18 Juni 2017 di Alun-Alun Sasana Langen Putra Kabupaten Sragen. Sumber data dalam penelitian ini adalah percakapan antartokoh wayang dari rekaman video bersumber dari cerita asal-asul Kabupaten Sragen yang dibawakan oleh dalang Ki Joko Zendhen. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, studi dokumentasi, simak dan catat. Hasil dari penelitian menunjukkan adanya nilai- nilai pendidikan karakter yang terkandung di dalam pertunjukan wayang Cokek lakon “Ndaru Ing Bumi Sukowati”antara lain: jujur, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratif, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, mengahargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. Berdasarkan temuan nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung di dalam wayang Cokek pada lakon tersebut, cerita ini dapat dijadikan sebuah model dalam membangun pendidikan karakter generasi bangsa baik dalam bidang akademik maupun nonakademik.

Kata Kunci: pendidikan karakter, wayang cokek, lakon.

 

THE CHARACTER EDUCATION VALUES IN COKEK PUPPET SOW WITH THE PLAY OF “NDARU ING BUMI SUKOWATI”

Abstract

The purpose of this research is to uncover the character education values of Cokekpuppet show in “Lakon Ndaru Ing Bumi Sukowati”. This research uses qualitative research methods. The data in this study is a recording of the Cokek puppet show, “Lakon Ndaru Ing Bumi Sukowati” which was held on 18 June 2017 at Sasana Putra Square, Sragen. The data source in this study  is a conversation excerpt between wayang characters from the recorded video in the original story of Asul Sragen Regency, hosted by Ki Joko Zendhen. The techniques used to collect data were participants ‘ observation, documentation, and notes. The data is collected by listening to and recording the speech in the Wayang Cokek performances of Ndaru Ing Bumi Sukowati. The results of this research include the values of the character education in the Cokek puppet show, Lakon Ndaru Ing Bumi Sukowati such as; honest, discipline, hard work, creative, self-reliant, democratize, curiosity, national spirit, love of homeland, award of achievement, friendly or communicative, love of peace, fond of reading, environmental care, social care, and responsibility. Based on the findings of the character education values contained in the Cokek puppet show in that play, this story can be used as a model to build the character education of our generations both in academic and non-academic fields. 

Keywords: caharacter education, cokek puppet, play

Full Text:

PDF

References


Budiasa, I. M. 2014. Memahami Nilai- Nilai Budaya Tradisi dalam Lakon Seni Pertunjukan Bali: sebagai Wahana Pendidikan Karakter Bangsa. Aksara, 26 (2), 157-167.

Cahya. 2016. Nilai, Makna, dan Simbol dalam Pertunjukan Wayang Golek sebagai Representasi Media Pendidikan Budi Pekerti. Panggung, 26 (2), 117-127.

Herawati, E. N. 2015. Nilai-nilai Karakter yang Terkandung dalam Dolanan Anak pada Festival Dolanan Anak se-DIY 2013. Imaji, 13 (1), 13 – 27.

Megawangi, R. 2004. Pendidikan Karakter, Solusi yang Tepat untuk Membangun Bangsa. Jakarta: Indonesian Heritage Foundation.

Mubah, A. S. Strategi Meningkatkan Daya Tahan Budaya Lokal dalam Menghadapi Arus Globalisasi. Fisip Universitas Airlangga,24 (4), 302-308.

Kemendiknas. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.

Narwanti, S. 2011. Pendidikan Karakter Pengintegrasian 18 Nilai Pembentukan Karakter dalam Mata Pelajaran. Yogyakarta: Familia (Grup Relasi IntiMedia).

Noviyanti, S. R. & Sutiyono. 2017. Bentuk, Perubahan Fungsi, dan Nilai-nilai Edukatif pada Musik Tari Japin Tahtul di Amuntai. Imaji, 15 (1), 97 – 112.

Nugraheni, W. 2018. Penanaman Nilai- nilai Moral melalui Kesenian Reog Kendang terhadap Pelajar di Kabupaten Tulungagung. Imaji, 16 (2), 162 – 171.

Retnowati, T. H., Mardapi, M., Prihadi, B. 2017. Dimensi Karakter dalam Penilaian Proses Berkarya Seni Lukis Peserta Didik Sekolah Menengah Kejuruan. Imaji, 15 (2), 229 – 226.

Salu, V. R. 2017. Nilai-nilai Pendidikan Multikulturalisme pada Musik Tradisional Tali Dua di Pulau Batang Dua Kota Ternate Maluku Utara. Imaji, 15 (1), 68 – 79.

Santoso, I. B. 2011. Saripati Ajaran Hidup Dahsyat dari Jagad Wayang. Yogyakarta: Flashbook.

Sarwanto. 2008. Pertunjukan Wayang Kulit Purwadalam Ritual Bersih Desa KajianFungsi dan Makna. Surakarta: ISI Press Surakarta dan CV Cendrawasih.

Sugiyono. 2006. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfa beta.

Suharyono, B. 2005. Wayang Beber Wonosari.

Wonogiri: Bina Citra Pustaka.




DOI: https://doi.org/10.21831/imaji.v17i2.25938

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Supervised by

RJI Main logo


Our Journal has been Indexed by:

       

 Creative Commons License

website statistics View My Stats