LUKISAN CAT AIR DENGAN ESTETIKA CLOSURE

Deni Junaedi, Institut Seni Indonesia Yogyakarta, Indonesia
Satrio Hari Wicaksono, Institut Seni Indonesia Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Estetika closure merupakan nilai estetis yang diambil dari psikologi persepsi. Kaidahnya menyatakan bahwa persepsi seseorang akan menutup kekurangan bentuk agar menjadi bentuk utuh sebagaimana yang biasa dikenali. Nilai estetis ini dapat diaplikasikan untuk penciptaan lukisan cat air dengan efek-efeknya. Penelitian ini dijalankan dengan mempraktikkan penciptaan lukisan cat air di luar studio menggunakan estetika closure. Objek lukisan digolongkan menjadi dua jenis, yaitu objek terintegrasi dan objek disintegratif. Objek terintegrasi merupakan objek yang unsurnya merupakan satu kesatuan yang cenderung tidak terpisahkan; objek disintegratif adalah kebalikannya. Penghilangan elemen pada objek integratif dilakuakan dengan cara tidak melukiskan bagian tertentu dari kesatuan objek yang dipilih; sementara pada objek disintegratif dapat dilakukan dengan menghilangkan bagian tertentu dari tiap elemen yang ada. Bagian yang dihilangkan dapat diisi dengan efek cat air, baik efek wet on wet, cipratan, lelehan, maupun efek yang lain. Penelitian ini penting untuk pendidikan seni pada tingkat institut. 

Kata Kunci: Lukisan, cat air, estetika closure 

WATERCOLOR PAINTING ON CLOSURE AESTHETICS

Abstract: Closure aesthetics is an aesthetic value based on perceptual psychology. The principle is perception will close reduced shapes for completing the whole shapes as they usually appear. This aesthetic value can be applied for creating watercolor paintings, especially on watercolor effects. This study is conducted by practicing outdoor paintings based on closure aesthetics. There are two kinds of painting objects, i.e. integrated objects and disintegrated objects. Elements of integrated objects tend uniting so cannot separate; contrary, the ones of disintegrated objects are easily to distract. Hiding of elements in integrated objects is by ignoring some sides of the objects; meanwhile, for disintegrated objects, it is by ignoring some side of elements of the objects. The hidden elements or hided sides are applied by watercolor effects, such as wet on wet, splashing, melting, and other effects. This research is important for education in an institute of art. 

Keywords: painting, watercolor, closure aesthetics

Full Text:

PDF

References


Aruman, Deni Junaedi, and Isbandono Hariyanto. Batik Postmodern (Pengadaptasian Elemen Artistik Lukisan Modern Indonesia dalam Teknik dan Motif Batik Tradisional Yogyakarta. Yogyakarta: Penelitian Penelitian Hibah Bersaing Dikti, 2015.

Chirumbolo, Antonio, Ambra Brizi, Stefano Mastandrea, and Lucia Mannetti. "Beauty Is No Quality in Things Themselves’: Epistemic Motivation Affects Implicit Preferences for Art." Plos One 9, no. 10 (October 2014): 1-9.

Garcia, Joe. Mastering the Watercolor Wash. Cincinnati : North Light Books , 2002.

Hodgson, Derek. "Seeing the ‘Unseen’: Fragmented Cues and the Implicit in Palaeolithic Art ." Cambridge Archaeological Journal (McDonald Institute for Archaeological Research) 13, no. 1 (2003 ): 97–106.

Honderich, Ted. 1995. The Oxford Companion to Philosophy. Oxford: Oxford University Press.

Junaedi, Deni. Estetika: Jalinan Subjek, Objek, dan Nilai. Yogyakarta: ArtCiv, 2016.

Junaedi, Deni, and Adnan Aditya K. Komposisi Efek Spontan Cat Air dengan Sulur Tradisional Yogyakarta pada Penciptaan Lukisan . Yogyakarta: Institut Seni Indonesia Yogyakarta, 2017.

Munro, Thomas. 1970. Form and Style in the Arts: An Introduction to Aesthetic Morpology. Cleveland: The Press of Case Western University.

Roque, Georges. "Chevreul and Impressionism: A reappraisal The Art Bulletin." Arts & Humanities Database 78, no. 1 (1996): 26-39.

Sahman, Humar. Mengenal Dunia Seni Rupa: Tentang Seni, Karya Seni, Aktivitas Kreatif, Apresiasi, Kritik dan Estetika . Semarang: IKIP Semarang Press, 1993.




DOI: https://doi.org/10.21831/imaji.v17i1.25730

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Supervised by

RJI Main logo


Our Journal has been Indexed by:

       

 Creative Commons License

website statistics View My Stats