POSTER “HOPE” OBAMA DALAM KOMUNIKASI MASSA

Aji Windu Viatra, Universitas Indo Global Mandiri Palembang, Indonesia

Abstract


Komunikasi menjadi hal yang pokok dalam berinteraksi dengan orang lain. Manusia memiliki kebutuhan yang signifikan dalam mengkomunikasikan dirinya terhadap orang lain bahkan dengan mahkluk lainnya. Komunikasi memberikan pengaruh dan peranan yang sangat bermanfaat dalam perkembangan manusia. Saat kita memulai beradaptasi di tempat yang baru, sangat diperlukannya suatu komunikasi yang aktif untuk mengenal budaya di tempat tersebut. Kegiatan ini menjadi hal yang alami, terjadi sesuatu tindakan spontan. Meskipun seringkali menghadapi kesulitan yang kadang kala menjadi suatu pengalaman yang berharga. Media-media komunikasi yang dipakai dalam menyampaikan pesan oleh komunikator dan diterima oleh komunikan memiliki fungsi dan manfaat yang variatif dan efesien. Proses komunikasi yang melibatkan suatu media juga seringkali memberikan suatu pemahaman yang berbeda-beda yang diterima oleh komunikan, banyak faktor yang mempengaruhi hal tersebut. Penelitian ini, membahas suatu topik kajian tentang poster Obama. Suatu media komunikasi massa dalam sebuah kampanye pemilihan Pemimpin Negara atau Presiden dan Wakil Presiden. Poster Obama telah memberikan kontribusi besar, atas keberhasilan Barack Obama menjadi Presiden Amerika Serikat yang ke-44, dan menjadi orang kulit hitam pertama yang memimpin negara Adidaya tersebut. Suatu program kampanye yang sangat menarik untuk dikaji dalam ilmu desain komunikasi visual, hal ini merupakan topik yang dapat menjadi inspirasi setiap insan dalam mengembangkan dirinya dalam berkomunikasi yang kreatif. Teori pendekatan penelitian ini, menggunakan analisis sudut pandang dari ilmu Komunikasi dan Semiotika Visual. Pendekatan ini, diharapkan dapat menguraikan unsur-unsur visual yang terdapat dalam Poster Obama, dan menjabarkan tanda, pesan, dan makna yang terkandung didalamnya. 

Kata kunci: poster, kampanye Barack Obama, komunikasi, semiotika.

OBAMA’S “HOPE” POSTER IN MASS COMMUNICATION

Abstract 

Communication is the main thing in interacting with others. Humans have a significant need in communicating themselves to others or even to the other kind of life creatures. Communication gives a very useful influence and role in human development. When we begin to adapt in a new place, we need an active communication to know the culture of that place. This activity becomes a natural thing and happens spontaneously. Although difficulties might appear, it could be a valuable experience.The communication media used for conveying the message ofa communicator and being received by the communicant havevaried and efficient functions. The communication process that involves a media often provides a different understanding that is received by the communicant, and there are many factors that influence it. This researchdiscusses a topic of study about Obama’s poster. A mass communication media for the election campaign of the United Stat’s President and Vice President. Obama’s poster had made a big contribution to the success of Barack Obama to be the 44th President of the United States, and to be the first black people to lead the Superpower country. it was a very interesting campaign program to be explored in visual communication design science, it was a topic that could inspire everyone in developing themselves in a creative communication. The approach theory used in this research was the analysis of the point of view of the Communication and Visual Semiotics sciences. This approach was expected to describe the visual elements contained in Obama’s Poster, and described the signs, messages, and meanings contained on it. 

Keywords: poster, Barack Obama campaign, communication, semiotics.

Keywords


poster, Barack Obama campaign, communication, semiotics, poster, kampanye Barack Obama, komunikasi, semiotika

Full Text:

PDF

References


Effendy, Onong. 1994. Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek. Bandung: Rosdakarya.

Feldmen, Burke, Edmund. 1967. Art as Image and Idea. Englewood Clifss. New Jersey: The University of Georgia. Prentice Hall, Inc.

Gumilar, Rino. 2003. Memahami Poster Sosial melalui Pendekatan Ilustrasi simbolis (Studi: Kasus Poster Pemenang Lomba Poster HIV/AIDS dan Narkoba Yayasan Galang Yogyakarta dan Ford Foundation). Yogyakarta: Galang.

Hadi, M. Umar. 2009.Irama Visual (Seni dalam Desain Komunikasi visual). Yogyakarta Jalasutra.

Nurdin. 2004. Komunikasi Massa. Jakarta: Cespur.

Obama, Street Art, dan Demokrasi. 2010. Poster Barack Obama “Hope” karya Shepard Fairey. Retrieved 24 August 2018, from https://ilhamkhoiri.wordpress. com/2010/12/24/obama-street-art-dan- demokrasi/

Obama Hope. 2018. Poster. Retrieved 24 August 2018, from https://obeygiant.com/ obama-hope/

Proof Magazine 2001. 2018. Shepard Fairey.

Retrieved 11 September 2018, from https:// obeygiant.com/articles/proof-magazine-2- 2001/

Safanayong, Yongky. 2006. Desain Komunikasi Visual Terpadu. Jakarta: Arte Intermedia.

Surachmad, Winarno.1978. Dasar dan Teknik Research. Bandung:Tarsito.

Tinarbuko, Sumbo. 2008. Seminar Akademik: “Iklan Politik dalam Perspektif Dekave”. Fakultas Seni Rupa ISI Yogyakarta, pada tanggal 10-11 Desember 2008.

Tinarbuko,Sumbo.2010.SemiotikaKomunikasi Visual. Yogyakarta: Jalasutra.

Tabroni, Roni. 2012. Komunikasi Politik pada Era Multimedia. Jakarta: Simbiosa Rekatama Media.




DOI: https://doi.org/10.21831/imaji.v17i2.22332

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Supervised by

RJI Main logo


Our Journal has been Indexed by:

       

 Creative Commons License

website statistics View My Stats