FAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH TEMBANG DI JURUSAN PENDIDIKAN SENI TARI UNY

EMG Lestantun, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Pelaksanaan pembelajaran mata kuliah tembang di jurusan pendidikan seni tari UNY. 2) Mengetahui faktor-faktor apa saja yang menghambat proses pembelajaran mata kuliah tembang di jurusan pendidikan seni tari UNY.

Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan pada saat mata kuliah berlangsung dengan metode observasi,wawancara, dan dokumentasi.

Hasil dari penelitian yang dilakukan pada 10 mahasiswa di kelas N semester 4 pada mata kuliah tembang adalah : Faktor-Faktor Penghambat Mata Kuliah Tembang di jurusan pendidikan seni tari UNY pada mahasiswa luar jawa,sering mengalami kesulitan pada logat,pengucapan. Perbedaan bahasa dan cara pengucapan antar daerah yang berbeda,notasi yang menggunakan bahasa jawa,pengalaman awal pada tembang.

 

Kata Kunci : Faktor Penghambat,Pembelajaran,Tembang

 

ABSTRACT

This study aims to determine: 1) Implementation of learning courses in the department of dance education UNY. 2) Knowing what factors are inhibiting the process of learning courses in the department of dance education UNY.

This research uses descriptive qualitative. This research is done at the time of course with observation method, interview, and documentation.

The results of the research conducted on 10 students in grade 4th semester on the tembang course are: Factors inhibiting the Tembang Course in the department of dance education of UNY on the students outside Java, often have difficulty on the accent, pronunciation. Differences in language and the way of pronunciation between different regions, notations that use the Java language, the initial experience on the song.

 

Keywords: Inhibiting Factor, Learning, Tembang

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/imaji.v16i1.22264

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Supervised by

RJI Main logo


Our Journal has been Indexed by:

       

 Creative Commons License

website statistics View My Stats