PENINGKATAN APRESIASI DAN KREATIVITAS SISWA SD NEGERI TIMURAN YOGYAKARTA PADA PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETRAMPILAN (SENI RUPA) MENGGUNAKAN MEDIA WAYANG PUNAKAWAN

I Ketut Mahendra, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
I Ketut Sunarya, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara mendalam media wayang purwa punakawan Semar, Gareng, Petruk, dan Bagong terhadap peningkatan apresiasi dan kreativitas pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan peserta didik di SD Negeri Timuran Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, angket, dan tes akhir. Pengumpulan data, angket terdiri atas skala Guttman untuk pengumpulan data apresiasi dan skala Likert untuk pengumpulan data kreativitas. Teknik analisi data menggunakan Paired-sampels t-test dengan taraf signifikansi 0,05%. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya perbedaan secara signifikan antara kelompok eksperimen dan kontrol. Untuk nilai t hitung pada kelompok eksperimen memiliki nilai 9,282 >2,086 dan untuk kelompok kontrol 3,901 > 2,093 terhadap peningkatan apresiasi siswa. Sedangkan nilai t hitung pada kelompok eksperimen memiliki nilai 12,021 >2,086 dan kelompok kontrol 4,945 > 2,093 untuk peningkatan kreativitas siswa. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti terdapat peningkatan apresiasi dan kreativitas dengan media wayang purwa punakawan Semar, Gareng, Petruk, dan Bagong pada siswa di SD Negeri Timuran Yogyakarta

Kata kunci: karakteristik wayang purwa punakawan Semar, Gareng, Petruk, dan Bagong, implementasi, apresiasi, kreativitas.

 

IMPROVING APPRECIATION AND CREATIVITY OF STUDENTS IN SD NEGERI TIMURAN YOGYAKARTA IN LEARNING CULTURAL ARTS AND SKILLS (FINE ARTS) USING PUNAKAWAN PUPPETS MEDIA

Abstract

This research aims to know in depth of media punakawans Semar, Gareng, Petruk and Bagong puppets to improve appreciation and creativity of learners cultural arts dan skills (Fine Arts) in SD Negeri Timuran Yogyakarta. This study uses a quantitative approach with quasi experimental design. The data collection techniques were observation, inquiry, and final tests. In collecting the data, the questionnaire consists of Guttman scale for the measurement of appreciation and Likert scale for measuring creativity. Data analysis techniques-the samples using paired t-test with a significance level of 0.05%. The results showed that there were significant differences between the experimental and control groups. The value of t in the experimental group had a value of 9.282>2.086 and 3.901> 2.093 for the control group improving appreciation students, and the value of  t in the experimental group had a value of 12.021> 2.086 and 4.945> 2.093 for the control group improving creativity students. It can be concluded that Ho is rejected and Ha accepted. Which means there is an improving appreciation and creativity of the media punakawans Semar, Gareng, Petruk and Bagong puppets at SD Negeri Timuran Yogyakarta

Keywords: characteristics of Punakawans, Semar, Gareng, Petruk, Bagong, puppet, implementation, appreciation, creativity.


Keywords


karakteristik wayang purwa punakawan. implementasi. apresiasi. kreativitas

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta.Rineka Cipta.

Bungin, Burhan. 2013. Metodologi Penelitian Sosial dan Ekonomi.Jakarta. KencanaPrenada Media Group.

Carita, Dwijo. 2011. Ringkasan Pengetahuan Wayang.Surakarta. CV.Cendrawasih.

Creswell J.W. 2016. Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran.(Terjemahan Achmad Fawaid & Rinayati Kusmini).Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Denzin, Norman K. & Yvonna S. Lincoln. 2009. Handbook of QualitativeResearch. (Terjemahan Dariyanto dkk).Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Dewantara, Ki Hadjar. 2011. Bagian Pertama Pendidikan. Yogyakarta. Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa

Gunawan, Heri. 2013. Pendidikan Karakter. Alfa Beta. Bandung.

Mardapi, Djemari. 2008. Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Nontes.Yogakarta. Mitra Cendikia press.

Mutiah, Diana. 2010. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta. Kencana.

Purwanto, Edi. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif.Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Retnowati, Trie Hartiti. 2012. “Desiminasi Pedoman Penilaian Seni Lukis Anak Sekolah Dasar di Kota Yogyakarta. Di ambil pada tanggal 19 april 2017. Dari https:// scholar. google. co.id/ citations?view_op=view_citation&hl=id &user=oaOUw4AAAAJ&citation_for_ view=oaxOUwAAAJ:UeHWp8X0CEIC.

Retnowati, Trie Hartiti. 2013. “Pengembangan Instrumen Penilaian Skrips Mahasiswa”. Di ambil pada tanggal 19 april 2017. Darihttp:// journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jep/ article/viewFile/47/39.

Rohidi, Tjetjep Rohendi. 2000. Kesenian dalam Pendekatan Kebudayaan.Bandung. STISI Bandung press.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung. CV. Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.21831/imaji.v15i2.15045

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Supervised by

RJI Main logo


Our Journal has been Indexed by:

       

 Creative Commons License

website statistics View My Stats