MODEL KOMUNIKASI “WOM” SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN EFEKTIF

Dani Fadillah, Ilmu Komunikasi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, Indonesia

Abstract


ABSTRAK
Sistem komunikasi promosi adalah serangkaian komponen komunikasi yang
mempunyai fungsi untuk mencapai tujuan promosi. Dalam arti yang lebih luas
komunikasi dalam kegiatan promosi adalah setiap prosedur yang menyebabkan
manajemen marketing dapat mempengaruhi sikap dan keputusan pelanggan atau calon
pelanggan. Hal itu akan meliputi seluruh aspek perilaku manusia, termasuk ucapan
yang kerap dilontarkan.Saat ini seiring dengan perkembangan teknologi banyak sekali
media dan strategi yang muncul dan digunakan oleh berbagai produsen untuk
mempromosikan produknya. Mereka saling bersaing untuk menciptakan teknik terjitu
untuk mempersuasi konsumen agar bersedia mengonsumsi dan setia terhadap produk
atau jasa yang mereka tawarkan. Namun ada sebuah strategi klasik yang sangat sulit
tergantikan dalam mempromosikan sebuah produk, yaitu strategi “WOM” (word of
mouth) atau strategi “mulut ke mulut”. Dalam bahasa Jawa strategi ini disebut dengan
nama getok tular. Keunggulan strategi model komunikasi “WOM” terletak dalam
kemampuannya menyentuh unsur terdalam manusia dalam proses persuasi.
Kata Kunci : komunikasi WOM, persuasi, strategi pemasaran.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/hum.v15i1.7642

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)

Supervised by

RJI Main logo


Our Journal has been Indexed by

    


Creative Commons License
Humanika: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum by http://journal.uny.ac.id/index.php/humanika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats