Pelaksanaan kebijakan zonasi sekolah dan dampaknya terhadap kualitas sekolah pada jenjang sekolah menengah pertama: Studi kasus di Kabupaten Sleman Yogyakarta

Fajar Sidik, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Mulai 2017, pemerintah pusat memberlakukan kebijakan zonasi sekolah untuk mengatasi problem ketimpangan kualitas pendidikan di Indonesia. Kebijakan zonasi sekolah diyakini pemerintah pusat mampu mewujudkan pemerataan kualitas pendidikan antar sekolah dan berkeadilan. Berangkat dari pandangan ideal tersebut, metode studi evaluasi kebijakan digunakan untuk menilai sejauhmana kebijakan zonasi sekolah mampu mencapai tujuannya, yaitu pemerataan kualitas pendidikan antar sekolah. Berbeda dengan penelitian sebelumnya yang lebih menyorot sekolah-sekolah negeri ‘favorit’, studi ini memberikan fokus perhatian pada sekolah-sekolah ‘non-favorit’ pada jenjang sekolah menengah pertama di Kabupaten Sleman. Dalam proses evaluasi kebijakan, metode kuantitatif deskriptif digunakan untuk menilai kualitas input sekolah antara sebelum dan sesudah kebijakan zonasi sekolah diterapkan. Penelitin ini menggunakan data dokumen berupa nilai input siswa berbasis nilai akademik siswa pada waktu sebelum dan sesudah kebijakan zonasi sekolah diterapkan. Data dokumen ini kemudian dianalisis menggunakan tahap seleksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Studi ini menemukan bahwa sekolah-sekolah yang menempati rangking 15 terbawah atau ‘non-favorit’, dari sebelum dan sesudah kebijakan zonasi sekolah diterapkan, posisi distribusi input sekolah masih tidak berubah.

Starting in 2017, the central government implemented a school zoning policy to address the problem of inequality in the quality of education in Indonesia. The government believes that the school zoning policy can realize an equal and equitable quality of education between schools. Departing from this ideal view, the policy evaluation study method is used to assess the extent to which school zoning policies are able to achieve their objectives, namely equal distribution of education quality between schools. In contrast to previous research, which focused more on 'favorite' state schools, this study focuses on 'non-favorite' schools at the junior high school level in Sleman Regency. In the policy evaluation process, descriptive quantitative methods are used to assess the quality of school input before and after the school zoning policy is implemented. This research uses document data in the form of student input scores based on students' academic scores before and after the school zoning policy was implemented. This document data is then analyzed using the stages of data selection, presentation, and conclusion. This study found for schools ranked in the bottom 15 'non-favorites' before and after the school zoning policy was implemented, the position of the school input distribution remained unchanged.



Keywords


Kebijakan Zonasi Sekolah, Pemerataan, Kualitas Pendidikan, Sekolah Menengah Pertama, Studi Evaluasi Kebijakan

Full Text:

PDF

References


Aditomo, A., & Faridz, N. F. (2019). Ketimpangan mutu dan akses pendidikan di Indonesia: Potret berdasarkan survei PISA 2015. https://doi.org/10.31227/osf.io/k76g3

Ahmad, I. F. (2021). Evaluasi Implementasi Kebijakan Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun 2021 dengan Sistem Real Time di Kota Yogyakarta. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 7(3), 129–135. https://doi.org/10.26740/jrpd.v7n3.p129-135

Al Barwani, T., & Osman, M. E. (2010). 10 - Academic development and quality in Oman: mapping the terrain. In C. S. Nair, L. Webster, & P. B. T.-L. and M. of Q. in H. E. Mertova (Eds.), Chandos Learning and Teaching Series (pp. 147–166). Chandos Publishing. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/B978-1-84334-576-3.50010-8

Anggraeni, A., Helpiastuti, S. B., & Wahono, P. (2022). Implementasi Kebijakan Sistem Zonasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tingkat SMP di Kecamatan Ponorogo. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 5234–5241.

BBC Indonesia. (2019). PPDB sistem zonasi: Banyak problem di lapangan, Kemendikbud bentuk satgas. https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-48782787

Cahyani, A., & Nawangsari, E. (2020). Evaluasi Kebijakan Sistem Zonasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru Tingkat SMP Negeri Di Kota Surabaya. Jurnal Syntax Transformation, 1(3), 1–6. https://doi.org/10.46799/jst.v1i3.23

CNBC Indonesia. (2020). Masalah Pendidikan RI: SMP Rawan DO, SMK tidak Sesuai Pasar. https://www.cnbcindonesia.com/news/20200916001442-4-187107/masalah-pendidikan-ri-smp-rawan-do-smk-tidak-sesuai-pasar

Dewi, K. P. (2021). Dampak Kebijakan PPDB Sistem Zonasi Di Kota Magelang Bagi Sekolah Dan Peserta Didik. JMAN Jurnal Mahasiswa Administrasi Negara, 5(2), 1–8.

Dewi, R. C., Subowo, A., & Afrizal, T. (2022). Implementasi Kebijakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Sistem Zonasi Smp Negeri Di Kota Bekasi. Journal of Public Policy and Management Review, 11(1), 49–65.

Dunn, W. N. (2017). Public policy analysis: An integrated approach. Routledge.

Hajaroh, M. (2021). High order thinking skill sebagai landasan dalam pengembangan asesmen dan evaluasi pendidikan. FOUNDASIA, 12(2).

Hajaroh, M., Nurhayati, R., Sidiq, F., Raharjo, A. S., & Sholikhah, E. (2021). School Zoning Policy and Equalization of Education Access for Poor Students in Yogyakarta City. KnE Social Sciences. https://doi.org/10.18502/kss.v6i2.9992

Hakim, L. (2016). Pemerataan akses pendidikan bagi rakyat sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1).

Handani, M. S., & Frinaldi, A. (2020). Implementasi Kebijakan Penerimaan Peserta Didik Baru Dengan Sistem Zonasi Pada SMP Negeri di Kota Padang. Jurnal Mahasiswa Ilmu Administrasi Publik, 2(3), 73–86.

Hermanto, B. (2020). Perekayasaan sistem pendidikan nasional untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Foundasia, 11(2).

Junaedy, I. K. (2022). Efektivitas Pelaksanaan Kebijakan Sistem Zonasi pada Penerimaan Peserta Didik Baru Tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri di Kota Denpasar. Public Inspiration: Jurnal Administrasi Publik, 7(2), 114–118. https://doi.org/10.22225/pi.7.2.2022.114-118

Junaedy, I. K., Mardika, I. M., & Yudhiantara, I. M. (2021). Evaluasi Kebijakan Sistem Zonasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Abiansemal. Public Inspiration: Jurnal Administrasi Publik, 6(2), 107–115.

Kemdikbud. (2017). Mendikbud: Target kita bukan sekadar pemerataan akses, tetapi akses yang berkualitas.

Kemendikbud. (2018). Semua Bisa Sekolah! Zonasi untuk Pemerataan yang Berkualitas. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2018/07/semua-bisa-sekolah-zonasi-untuk-pemerataan-yang-berkualitas

Kominfo. (2020). Semua Bisa Sekolah! Zonasi untuk Pemerataan yang Berkualitas. https://kominfo.go.id/content/detail/13689/semua-bisa-sekolah-zonasi-untuk-pemerataan-yang-berkualitas/0/artikel_gpr

Kristyaningrum, D. H., Ardiansyah, A., & Fadilah, K. (2019). Evaluasi Program Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Sistem Zonasi di Kabupaten Brebes menggunakan model CIPP. DIALEKTIKA Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar, 9(2), 186–195.

Lee, J., & Barro, R. (2001). Schooling Quality in a Cross-Section of Countries. Economica, 68(272), 465–488. https://doi.org/10.1111/1468-0335.d01-12

Nurlailiyah, A. (2019). Analisis kebijakan sistem zonasi terhadap perilaku siswa SMP di Yogyakarta. Realita: Jurnal Penelitian Dan Kebudayaan Islam, 17(1). https://doi.org/https://doi.org/10.30762/realita.v17i1.1381

Perdana, N. S. (2019). Implementasi PPDB zonasi dalam upaya pemerataan akses dan mutu pendidikan. Jurnal Pendidikan Glasser, 3(1), 78–92.

Purwanti, D., Irawati, I., Adiwisastra, J., & Bekti, H. (2019). Implementasi kebijakan penerimaan peserta didik baru berdasarkan sistem zonasi di kota Bandung. Jurnal Governansi, 5(1), 12–23. https://doi.org/10.30997/jgs.v5i1.1699

Raharjo, S. B., Yufridawati, Y., Purnama, J., & Irmawati, A. (2020). Penerimaan peserta didik baru berdasarkan zonasi pendidikan. Pusat Penelitian Kebijakan Kemendikbud.

Risna, R., Lisdahlia, L., & Edi, S. (2020). Analisis implementasi kebijakan zonasi dalam pemerataan pendidikan. Jurnal Mappesona, 3(1).

Rohman, A. (2023). Does the Implementation of School Zoning Policies Equalize the Quality of Education? Case Study at the Junior High School Level.

Said, R., Ramli, A., & Wahyuti, S. (2023). Evaluasi Manfaat dan Dampak Pelaksanaan Kebijakan Sistem Zonasi Penerimaan Peserta Didik di Kecamatan Masamba Kabupaten Luwu Utara. Journal on Education, 5(4), 12066–12084.

Setiawan, H. R., & Rahaju, T. (2021). Evaluasi Sistem Zonasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tingkat SMP Di Kota Surabaya. Publika, 491–502.

Sirojudin, D., Suryadi, S., & Zulaikha, S. (2020). Implementasi Kebijakan Sistem Zonasi Terhadap Penerimaan Peserta Didik Baru SMP Negeri di DKI Jakarta. PROCEEDING ICTESS (Internasional Conference on Technology, Education and Social Sciences).

Syafii, A. (2018). Perluasan dan pemerataan akses kependidikan daerah 3T (terdepan, terluar, tertinggal). Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 4(2), 153–171.

Syakarofath, N. A., Sulaiman, A., & Irsyad, M. F. (2020). Kajian pro kontra penerapan sistem zonasi pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(2), 115–130.

Widodo, G. (2018). Hasil UN SMP/MTs Kabupaten Sleman Tahun 2015 – 2017. https://www.giriwidodo.com/2018/11/hasil-un-smpmts-kabupaten-sleman-tahun.html

Wijana, I. N., & Suhardi, M. (2018). Pemerataan Akses Pendidikan Bagi Anak Putus Sekolah Di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Journal Of Administration and Educational Management (ALIGNMENT), 1(1), 11–23.

Yin, C., & Wing, M. (1995). A framework for the analysis of educational policies. International Journal of Educational Management, 9(6), 10–21. https://doi.org/10.1108/09513549510147538

Yin, R. K. (1992). The Case Study Method as a Tool for Doing Evaluation. Current Sociology, 40(1), 121–137. https://doi.org/10.1177/001139292040001009

Yin, R. K. (2009). Case study research: design and methods. SAGE Publications Ltd.




DOI: https://doi.org/10.21831/hum.v24i1.68551

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Fajar Sidik

Supervised by

RJI Main logo


Our Journal has been Indexed by

    


Creative Commons License
Humanika: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum by http://journal.uny.ac.id/index.php/humanika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats