Strategi pengembangan karakter kepemimpinan mahasiswa melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Politeknik

Waway Qodratulloh Suhendar, Politeknik Negeri Bandung, Indonesia
Ajeng Ayu Milanti, Politeknik Negeri Bandung, Indonesia
Ida Suhartini, Politeknik Negeri Bandung, Indonesia
Rini Rahman, Universitas Negeri Padang, Indonesia

Abstract


Artikel ini membahas strategi pengembangan karakter kepemimpinan pada mahasiswa melalui pembelajaran PAI. Dari hasil kajian yang dilakukan oleh tim peneliti dari berbagai literatur, saat ini sedang terjadinya krisis kepemimpinan di dalam semua level, baik pada tingkat lokal, nasional, maupun global. Krisis kepemimpinan terjadi akibat ketidakmampuan memanajemen krisis multidimensional dan perilaku amoral. Tim peneliti menilai bahwa keberadaan mata kuliah PAI mempunyai peran penting dalam penanaman dan pembinaan karakter kepemimpinan kepada mahasiswa. Hal tersebut karena mata kuliah PAI mempunyai posisi penting dalam kurikulum pendidikan di Indonesia, mengacu pada peraturan UU No. 20 Tahun 2003 dan berbagai turunannya yang menempatkan mata kuliah PAI sebagai mata kuliah wajib nasional. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif-deskritif. Data dikumpulkan melalui studi lapangan, wawancara dan studi dokumen pada perkuliahan PAI di Polban dan PNJ. Hasil kajian menunjukkan bahwa perkuliahan PAI mempunyai peran dalam mengembangkan karakter kepemimpinan mahasiswa melalui 2 langkah strategi, yakni  mengkaji konsep kepemimpinan dalam Al-Quran kemudian menginsersikan karakter kepemimpinan dalam bahan ajar PAI dan melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran aktif (active learning).

This article discussed strategies for developing students’ leadership character through Islamic education. From the results of the study conducted by the researchers, taken from various literatures, there is currently a leadership crisis occurring at all levels, both at the local, national, and global levels. The leadership crisis occurs due to the inability to manage multidimensional crises and immoral behavior. The researchers considered that the existence of the PAI course played an important role in instilling and fostering leadership characters in the students. This is because PAI subjects have a  vital position in the education curriculum in Indonesia, referring to Law no. 20 of 2003 and its various derivatives, which place the PAI course as a national compulsory subject. This study used a qualitative-descriptive method. Data was collected through field studies, interviews and document studies at PAI lectures in Polban and PNJ. The results of the study show that PAI lectures have a role in developing student leadership character through 2 strategic steps, namely examining the concept of leadership in the Qur’an and then introducing leadership character into PAI teaching materials and carrying out learning with an active learning approach (active learning).



Keywords


karakter, kepemimpinan, Pendidikan Agama Islam

Full Text:

PDF

References


Amin, M. (2015). KEPEMIMPINAN DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN. PTIQ Jakarta.

Arfiyanto, D., & Susandini, A. (2014). Pola Pikir Dan Kepemimpinan Mahasiswa Pada Ketua Bem Fakultas Di Universitas Wiraraja Sumenep. PERFORMANCE “ Jurnal Bisnis & Akuntansi,” 4(2), 57–74. https://doi.org/10.24929/feb.v4i2.116

Ashsubli, M., Syariah, J., Bengkalis, S., Lembaga, J., & Bengkalis-Riau, S. (2017). PERSPEKTIF HUKUM ISLAM TERHADAP PENCALONAN DIRI DAN KAMPANYE UNTUK JABATAN POLITIK. JURIS (Jurnal Ilmiah Syariah), 15(1), 11–20. https://doi.org/10.31958/JURIS.V15I1.484

Asiah, N. (2017). Analisis Kemampuan Praktik Strategi Pembelajaran Aktif (Active Learning) Mahasiswa Pgmi Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Iain Raden Intan Lampung. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4(1), 20–33. https://doi.org/10.24042/TERAMPIL.V4I1.1803

Bachri, B. S. (2010). Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif. Jurnal Teknologi Pendidikan, Vol. 10, N, 46–62.

Bashori, B. (2019). Transformasi Kepemimpinan Perguruan Tinggi Dan Jejaring Internasional. PRODU: Prokurasi Edukasi Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 15–32. https://doi.org/10.15548/p-prokurasi.v1i1.1153

Budimansyah, D. (2010). Penguatan Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Membangun Karakter Bangsa. Widya Aksara Press.

Cahyono, H. (2019). Peran Mahasiswa Di Masyarakat. De Banten-Bode: Jurnal Pengabdian Masyarakat Setiabudhi, 1(1), 32–43.

Georgieva, K. (2022). Facing Crisis Upon Crisis: How the World Can Respond. Imf.Org. https://www.imf.org/en/News/Articles/2022/04/14/sp041422-curtain-raiser-sm2022

Ilmu Sosial dan Pendidikan, J., Ketua Program Studi Dalam Membentuk Karakter Kepemimpinan Mahasiswa Melalui Kegiatan Himpunan Mahasiswa Program Studi, P., Rohiyatun, B., & Aryani, M. (2020). Peran Ketua Program Studi Dalam Membentuk Karakter Kepemimpinan Mahasiswa Melalui Kegiatan Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS). JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(4). https://doi.org/10.36312/JISIP.V4I4.1549

Istantiani, M., & Utami, R. R. (n.d.). RELEVANSI TOKOH YUSUF DENGAN KARAKTER PEMIMPIN DEMOKRATIS: KAJIAN FILOLOGI SERAT YUSUF.

Maulida, A., Tetap, D., Pendidikan, P., Islam, A., Al, S., & Bogor, H. (2017). KEDUDUKAN ILMU, ADAB ILMUWAN DAN KOMPETENSI KEILMUAN PENDIDIK (STUDI TAFSIR AYAT-AYAT PENDIDIKAN). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 6(11), 11. https://doi.org/10.30868/EI.V6I11.98

Melvin L. Silberman. (2001). 101 Strategi Pembelajaran Aktif (Aktif Learning). Insan Madani.

Monavia Ayu Rizaty. (2022). Kejaksaan Agung Tangani 371 Kasus Korupsi Sepanjang 2021. Dataindonesia.Id. https://dataindonesia.id/ragam/detail/kejaksaan-agung-tangani-371-kasus-korupsi-sepanjang-2021.

Mu’ammar Za, A. (2019). Kualifikasi Pemimpin Dalam Tafsir Al-Azhar. JOURNAL OF ISLAMIC AND LAW STUDIES, 3(2). https://doi.org/10.18592/JILS.V3I2.3275

Permenristekdikti No.44 tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. (2015).

Qodratulloh, W. (2016). Konsep Ulul Albab dalam Al Quran dan Implikasinya dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Perguruan Tinggi. Sigma-Mu, 8(1), 17–24.

Rahim, Abd. R. (2017). MANAJEMEN KEPEMIMPINAN ISLAM. Lembaga Perpustakaan Dan Penerbitan Universitas Muhammadiyah Makassar.

Sapinah, S. (2021). PESAN MORAL DALAM KISAH NABI YUSUF MENURUT PANDANGAN TAFSIR AL-AZHARA DAN TAFSIR AL-MISBAH (Tela’ah Perbandingan). IAIN Ponorogo.

Suhendar, W. Q., & Hafidhuddin, H. (2022). Mainstreaming Religious Moderation in Polytechnic, Quo Vadis? TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education, 9(2), 229–241.

Suhendar, W., & Rahman, R. (2020). Development Of Islamic Education Course In Fostering Tolerant Characters In Students In Higher Education. The Proceedings of the 4th International Conference of Social Science and Education, ICSSED 2020, August 4-5 2020, Yogyakarta, Indonesia.

Sulhan, A. (2020). TEORI KEPEMIMPINAN DALAM ORGANISASI PENDIDIKAN ISLAM. Sanabil Publishing.

Suyadi, M. Ulfah, and N. N. M. (2013). Konsep Dasar PAUD. Rosdakarya.

Syahdani, A. M. (2013). PENGEMBANGAN KARAKTER KEPEMIMPINAN PADA ORGANISASI KEMAHASISWAAN UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA.

Syaodih, S. N. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya.

Taufan Teguh Akbari, Ph. D. (2022). No TitleKepemimpinan Kuat Harus Disiapkan, Perguruan Tinggi Punya Peran Strategis Menciptakan Bibit Pemimpin Muda Untuk Masa Depan Indonesia. Lspr.Edu. https://www.lspr.edu/kepemimpinan-kuat-harus-disiapkan-perguruan-tinggi-punya-peran-strategis-menciptakan-bibit-pemimpin-muda-untuk-masa-depan-indonesia/

Ulya, V. F. (2018). Pendidikan Islam di Indonesia: Problem Masa Kini dan Perspektif Masa Depan. Al-Hikmah Jurnal Studi Keislaman, 8(2), 137–150.

Veithzal Rivai, E. J. S. (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia Dari Teori ke Praktik. PT. Raja Grafindo Persada.

Widyatama, Z. Y. (2014). KONSEP KEPEMIMPINAN MENURUT AL-MAWARDI Zulfikar Yoga Widyatma. AL Ijtihad, 8 No.1(1), 87–103. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21111/ijtihad.v8i1.2589.

Zainul, M., Kepemimpinan, A. :, & Arifin, M. Z. (2016). Kepemimpinan Pendidikan Nabi Yusuf. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 235–254. https://doi.org/10.21274/TAALUM.2016.4.2.235-254

Zaman, B. (2020). Penerapan Active Learning Dalam Pembelajaran Pai. Jurnal As-Salam, 4(1), 13–27. https://doi.org/10.37249/as-salam.v4i1.148




DOI: https://doi.org/10.21831/hum.v23i1.53509

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Waway Qodratulloh Suhendar, Ajeng Ayu Milanti, Ida Suhartini, Rini Rahman

Supervised by

RJI Main logo


Our Journal has been Indexed by

    


Creative Commons License
Humanika: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum by http://journal.uny.ac.id/index.php/humanika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats