TAFSIR SOSIAL KONTEKSTUAL IBADAH KURBAN DALAM ISLAM

Choirul Mahfud, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dan Lembaga Kajian Agama dan Sosial (LKAS) Surabaya, Indonesia

Abstract


Abstrak: Dalam studi Islam, kurban merupakan salah satu ajaran mulia. Kurban secara bahasadimaknai mendekatkan diri. Secara istilah, kurban diartikan segala upaya mendekatkan dirikepada Allah dengan cara menjalankan apa saja yang diperintahkan sekaligus menjauhi yangdilarang. Ibadah kurban termasuk ajaran ideal. Namun begitu, dalam praktiknya masih adapersoalan yang dijumpai kenapa ada orang yang belum mengamalkan ajaran ibadah kurbansecara maksimal dalam kehidupannya. Hal itu disinyalir, diantaranya, karena adanya pemahamanyang cenderung tekstual ketimbang kontekstual sosial sepanjang hayatnya. Oleh karena itu,tulisan ini lebih memfokuskan pada pembahasan apa yang dimaksud ibadah kurban dalam Islam?Bagaimana tafsir sosial ibadah kurban dalam Islam tersebut? Apa saja manfaat menjalankanibadah kurban? Lalu, bagaimana implementasi dan implikasi kurban dalam Islam bagi kehidupansetiap manusia di dunia dan akhirat.

Kata Kunci: Kurban, Tafsir Sosial Kontekstual, Islam


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/hum.v14i1.3331

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)

Supervised by

RJI Main logo


Our Journal has been Indexed by

    


Creative Commons License
Humanika: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum by http://journal.uny.ac.id/index.php/humanika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats