PERILAKU SOSIAL KEAGAMAAN PAGUYUBAN PENGAJIAN SEGORO TERHADAP PERAN SOSIAL DI KECAMATAN SUKOREJO KABUPATEN KENDAL JAWA TENGAH

Andy Dermawan, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Abstrak: Perilaku keberagamaan masyarakat senantisa menarik untuk dikaji.Perilaku itu senantisa menggambarkan betapa dinamisnya perubahan sosial yangterjadi. Salah satunya contoh nyata dari hal itu adalah fenomena PaguyubanPengajian Segoro di Sukorejo, Kendal. Melalui kajian berbasis padakontektualisasi data manajemen berbasis sumber daya manusia, tulisan inibertujuan untuk memberikan model pada proses perilaku sosial. Hasil penelitianini menunjukkan bahwa perilaku sosial dan peran sosial di masyarakat ternyatamemiliki akar kultur dan struktur yang sama, meski dilakukan dan diterapkanpada lembaga atau organisasi yang berbeda, tetapi nilai-nilai seperti tolongmenolong, gotong royong dan musyawarah dalam masyarakat merupakan karakterdasarnya. Kalaupun terjadi perbedaan cara pandang, tidak sampai prinsipil,melainkan pada pola strategi pendekatannya.

Kata Kunci: Paguyuban Pengajian Segoro, Perilaku Sosial, Peran Sosial


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/hum.v14i1.3326

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)

Supervised by

RJI Main logo


Our Journal has been Indexed by

    


Creative Commons License
Humanika: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum by http://journal.uny.ac.id/index.php/humanika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats