ISLAM DAN HAK ASASI MANUSIA

Vita Fitria,

Abstract


Sebagai agama universal, ajaran-ajaran dan nilai-nilai agama Islam banyak mengandung prinsip-prinsip hak asasi manusia (HAM). Dan sebagai sebuah konsep ajaran, Islam menempatkan manusia pada kedudukan yang sejajar dengan manusia lain. Perbedaan yang ada didasarkan atas kualitas keimanan dan ketaqwaan kepada Allah swt. Hal ini merupakan dasar yang sangat kuat yang telah memberikan konstribusi pada perkembangan prinsip-prinsip hak  asasi manusia dalam ranah internasional.

Dalam tataran konseptual, hak asasi manusia  dianggap sebagai hak-hak yang universal, tetapi secara interpretatif aplikatif, kemunculan isu HAM menjadi konfrontasi yang berkepanjangan. Terlebih bila kemudian standart perbedaan antara  HAM dalam Islam dengan standart HAM  internasional dikonfrontasikan secara kasuistik.   Perbedaan standar tersebut antara lain disebabkan adanya titik tolak pemikiran berbeda yang kemudian melahirkan pemikiran berbeda  pula tentang world view dalam menginterpretasikan HAM.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/hum.v7i1.21013

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Vita Fitria

Supervised by

RJI Main logo


Our Journal has been Indexed by

    


Creative Commons License
Humanika: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum by http://journal.uny.ac.id/index.php/humanika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats