PERANAN PANCASILA DALAM MEWUJUDKAN MASYARAKAT MADANI

Y Ch Nany S,

Abstract


Indonesia saat ini sungguh sangat memprihatinkan karena banyak fenomena-fenomena yang terjadi di negeri ini,  segala bentuk tindakan kriminal seperti SARA, korupsi, perampasan hak asasi manusia, sampai pada tingkatan yang berbeda-beda. semakin tidak sopannya seorang anak kepada orang tuanya, dan lain-lainnya merupakan tindakan penyimpangan moral dan sikap manusia Indonesia saat ini yang sudah tidak beradab. Oleh karena itu sangatlah penting untuk mengatasi masalah ini.

Masyarakat yang sangat didambakan saat ini adalah masyarakat yang beradab (masyarakat madani), yaitu masyarakat yang memiliki rasa kebersamaan, swadaya, mandiri, dan memiliki moral baik, menerima dan menghormati pluralisme yang ada di masyarakat. Pemerintah dengan pembentukan masyarakat madani, akan terwujud bangsa mandiri, damai tanpa ada pembedaan golongan.

Indonesia merupakan bangsa yang memiliki dasar negara Pancasila. Nilai-nilai yang terkandung di dalamnya baik untuk diamalkan, akan tetapi banyak penyimpangan dalam hal pelaksanaannya. Hal ini dikarenakan, Pancasila hanya digunakan sebagai hafalan saja tanpa memperhatikan pengamalannya. Pancasila hanya digunakan sebagai formalitas belaka. kebaikan-kebaikan yang ada di Pancasila berperan dalam pembentukan masyarakat beradab sebagai sarana mengontrol tingkah laku karena nilai yang terkandung sesuai dengan masyarakat madani. Kerjasama yang baik antara masyarakat dan pemerintah untuk mewujudkan masyarakat madani di Indonesia dapat terwujud dengan keteladanan dan saling mengingatkan dengan kebenaran dan kesabaran.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/hum.v10i1.20998

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Y Ch Nany S

Supervised by

RJI Main logo


Our Journal has been Indexed by

    


Creative Commons License
Humanika: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum by http://journal.uny.ac.id/index.php/humanika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats