MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PERGURUAN TINGGI UMUM

Suparlan Suparlan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Syukri Fathudin AW, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan merumuskan model manajemen pendidikan karakter
berbasis pembelajaran pendidikan agama Islam di perguruan tinggi umum. Penelitian ini
menggunakan prosedur Research and Development (R&D) pada tahap awal, yaitu: (1)
analisis permasalahan dan kebutuhan, (2) perencanaan, pengembangan. . Metode yang
digunakan adalah survei dan kajian literatur untuk menghasilkan rumusan desain
manajemen pendidikan karakter berbasis pembelajaran PAI. Teknik Delphi dilakukan
untuk mematangkan model manajemen pendidikan karakter berbasis pembelajaran PAI.
Penelitian ini dilakukan di dua Perguruan Tinggi Umum yakni UPI Bandung dan
Universitas Negeri Malang ( UM). Hasil penelitian menemukan desain model manajemen
karakter berbasis pembelajaran PAI dilakukan melalui (1) Perencanaan dengan
menentukan tujuan organisasi dan memilih cara terbaik untuk meraihnya. (2)
Pengorganisasian, adalah proses pembentukan organisasi sebagai keseluruhan, (3)
Pengerakan dilakukan oleh setiap pemimpin/koordinator dalam struktur organiasi baik
tingkat universitas/perguruan tinggi/rektorat, fakultas, dan mahasiswa (berbentuk tim
ataupun tidak), dan (4). Pengevaluasian dilakukan secara simultan dan terus menerus baik
dalam tingkat universitas/PT, Fakultas, dan kelas/mahasiswa baik evaluasi
internal/eksternal.

 

This study aims to form a learning model based on learning Islamic character education in
Islamic public education. This study uses the Research and Development (R & D)
procedure at the initial stage, namely: (1) problem analysis and needs, (2) planning,
development. The method used is a survey and literature review to produce a formulation
of PAI-based character education management design. The Delphi technique was
conducted to finalize the PAI-based learning education character management model. This
research was conducted in two public universities, namely UPI Bandung and Malang State
University (UM). The results of the study found that the design of the PAI-based character
management model was conducted through (1) Planning by determining organizational
goals and choosing the best way to achieve them. (2) Organizing, is the process of forming
an organization as a whole, (3) Dredging is carried out by each leader / coordinator in the
organizational structure at the university / college / rectorate, faculty, and student level
(whether it is team or not), and (4) . Evaluation is carried out simultaneously and
continuously both at the level, faculty, and class / student both internal / external
evaluations.


Keywords


manajemen, pendidikan karakter, Pendidikan Agama Islam, perguruan tinggi.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/hum.v17i1.18566

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Suparlan Suparlan, Syukri Fathudin AW

Supervised by

RJI Main logo


Our Journal has been Indexed by

    


Creative Commons License
Humanika: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum by http://journal.uny.ac.id/index.php/humanika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats