Penerapan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) pada Laboratorium Tata Rias dan Kecantikan

Asi Tritanti, Pendidikan Teknik Boga dan Busana, Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Ika Pranita Siregar, Pendidikan Teknik Boga dan Busana, Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian bertujuan: (1) mengetahui penerapan K3 di prodi tata rias untuk  diri sendiri, alat dan bahan praktik, serta area kerja, (2) membuat Standar Operasional Prosedur (SOP) yang sesuai K3 untuk kegiatan praktik (2) tata kecantikan kulit, (3) tata kecantikan rambut, dan (4) tata rias pengantin. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif model interaktif Miles dan Huberman. Subjek penelitian adalah mahasiswa prodi tata rias  semester genap 2015/2016 dan semester ganjil 2016/2017, dosen dan laboran Prodi Tata Rias. Data dikumpulkan dengan lembar observasi, kuisioner dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif  kualitatif. . Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) di prodi tata rias pada diri sendiri, alat dan bahan praktik, serta area kerja praktik sudah diterapkan. Mahasiswa, laboran dan dosen pengampu memiliki komitmen melakukan K3, memiliki pengetahuan dasar K3, dan bersedia menerapkan K3 sesuai dengan SOP yang berlaku, Standar Operasional Prosedur yang sesuai prinsip K3 untuk (2) bidang keahlian tata kecantikan kulit dibuat dengan memperhatikan prinsip dasar dan kompetensi tata kecantikan kulit, (3) tata kecantikan rambut dibuat dengan memperhatikan prinsip dasar dan kompetensi tata kecantikan rambut, dan (4) praktik tata rias pengantin dibuat dengan memperhatikan konsep dasar dan jenis tata rias pengantin dengan kompetensi rias pengantin Indonesia, pengantin Barat, dan Pengantin Muslim


Keywords


penerapan K3, SOP, praktik Tata Rias

Full Text:

PDF

References


E. Z. Khayati, B. Lastariwati, dan Sugiyono. 2014. Analisis penerapan kesehatan dan keselamatan kerja di jurusan PTBB FT UNY. Penelitian.Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.

Emy Indaryani. 2003. Sanitasi dan Hygiene Kecantikan. Kementrian pendidikan dan kebudayaan, Direktorat Pembinaan Sekolah Menegah kejuruan.

Herni Kusantati, Pipin Tresna, P. & Winwin Wiana. 2008. Tata Kecantikan Kulit. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Pembinaan Sekolah Menegah Kejuruan Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Markkanen, Pia. K,. 2004. Keselamatan dan Kesehatan Kerja di Indonesia. International Labour Organization for South-East and the Pacific.Philipines.

Miles, M.B., & Huberman, A.M., 1992. Analisis Data Kualitatif, Penerjemah: Tjetjep Rohendi Rohidi. Penerbit: Universitas Indonesia Press. Jakarta

Rina Rifqie mariana. 2003. Hygiene, Sanitasi dan K3 pada Salon kecantikan. Kementrian pendidikan dan kebudayaan, Direktorat Pembinaan Sekolah Menegah kejuruan.

Rijal, T, 2015. Makalah K3. www.sanggarkesehatan.com/2015/makalah-kesehatan-dan-keselamatan-kerja.html).

Rostamailis, Hayatunufus, & Merita Yanita. 2008. Tata kecantikan Rambut Jilid I. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Pembinaan Sekolah Menegah Kejuruan Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.




DOI: https://doi.org/10.21831/hej.v1i1.23285

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Asi Tritanti, Ika Pranita Siregar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

index by 

Creative Commons License

Home Economic Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Home Economics Journal Stats