Implementasi Metode Inquiry Discovery untuk Pembentukan Kreativitas Mahasiswa dalam Seni Penyajian Makanan

Kokom Komariah, Pendidikan Teknik Boga dan Busana Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Kreativitas  dapat dikembangkan  melalui berbagai cara, sementara ini implementasi inquiry dan descovery  pada  praktek seni penyajian makanan  belum pernah dikaji.  Melalui tulisan ini ingin diketahui  apakah penggunaan metode inquiry. Discovery berdampak pada pembentukan kreativitas seni penyajian makanan. Penelitian ini dilakukan  melalui penelitian tindakan kelas, metode  penelitian dimodifikasi dari Kemmis, setiap siklus  dibagi 3 tahap yaitu perencanaan, observasi dan tindakan serta refleksi.  Subjek penelitian adalah  39 orang mahasiswa. Pengumpulan data melalui observasi, angket dan wawancara, Analisis data dilakukan secara deskiptif kuantitatif. Hasil penelitian    menemukan  metode  inquiry discovery  menunjukkan kreativitas  proses  sangat baik (3,44) dan kreativitas  produk  baik (3,97), dan  kreativitas  individu  secara  rerata sangat baik (3,33). Dengan demikian  proses inquiry  dapat membentuk  peserta didik  untuk  berkreasi  pada  aktivitas  seni penyajian makanan, hal ini dapat dibuktikan dengan  produk yang dihasilkan  lebih bervariasi tidak terpancang pada contoh yang diberikan oleh dosen, dan  gambar atau model yang di dapatkan melalui  internet.


Keywords


kreativitas, metode inquiry discovery, penyajian makanan

Full Text:

PDF

References


Calhoun, C.C., Finch, A.V. (1982) . Vocational Education: Concepts and Operations (2nd ed.). Belmont, California: Wadworth Publishing Company.

Dedi Supriadi. (2002) . Kreativitas, Kebudayaan, dan Perkembangan Iptek. Bandung : Alfabeta

Finch, C.R., dan Crunkilton, J.R. (1984). Curriculum Development in Vocational and Technical Education: Planning, Content and lmplementation. Boston: Allyn and Bacon, Inc.

http://dasar-teori. blogspot.com /2011/08/pengertian-metode-pembelajaran_01.html, diakses 20 Februari 2014.

Oemar Hamalik . (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara:

Oemar Hamalik. (2009). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Purwadarminta. (2007). Kamus Besar Bahasa Indonesia. (edisi ketiga). Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional

Sismono La Ode, dkk . (2006). Di Belantara Pendidikan Bermoral. Biografi Pemikiran dan Kepemimpinan Prof. Suyanto, Ph.D. Yogyakarta: UNY Press.

Stemberg J.R & Williams, M.W (1996:3) How to Develo Student Creativity. Alexandria Virginia: Assosiation for Supervition and Curiculum Development




DOI: https://doi.org/10.21831/hej.v1i1.23283

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Kokom Komariah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

index by 

Creative Commons License

Home Economic Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Home Economics Journal Stats