Evaluasi Pembelajaran Mata Kuliah Menejemen Usaha Busana Modiste

Esin Sintawati, Program Studi Pendidikan Tata Busana, Universitas Negeri Malang, Indonesia
Rudi Nurdiansyah, Program Studi Tata Busana, Universitas Negeri Malang, Indonesia
Nur Endah Purwaningsih, Program Studi Pendidikan Tata Busana, Universitas Negeri Malang, Indonesia

Abstract


Menejemen Usaha Busana (MUB) Modiste merupakan mata kuliah yang diselenggarakan Program Studi Tata Busana D3 maupun S1.Tujuan penelitian  untuk   (1) mengetahui pelaksanaan model pembelajaran pada MUB Modiste berkaitan dengan komponen konteks, (2) mengetahui  efektivitas  model pembelajaran Teaching Factory- enam Model pada tahap input yang berhubungan dengan teknis pengelolaan, administrasi, alokasi waktu serta sarana dan prasarana. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi yang bertujuan untuk mengetahui tingkatketerlaksanaan suatu kebijakan secaracermat dengan cara mengetahui efektivitasmasing-masing komponen yang dievaluasidengan pendekatan model CIPP (Context, Input, Process, Product). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pembelajaran MUB Modiste terlaksana karena telah memiliki landasan yuridis berupa kurikulum, sesuai dengan visi misi program studi, (2) pembelajaran MUB Modiste didukung oleh aspek teknis pelaksanaan yang rinci dan konsisten, alokasi waktu pelaksanaan yang memadai untuk pelaksanaan pembelajaran usaha, administrasi yang standar sesuai yang berlaku serta sarana prasarana yang memadai, (3) aspek proses pelaksanaan pembelajaran MUB Modiste telah didukung oleh kompetensi dosen yang sesuai dan memadai, serta dalam prosesnya memiliki model yang sesuai dengan standar dan tujuan pembelajaran.


Keywords


evaluasi pembelajaran, manajemen usaha modiste

Full Text:

PDF

References


Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan. 2015. Petunjuk Teknis Bantuan Soaial Pengembangan Teaching factory. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional.

Gall, Meredith D., Walter R. Borg dan Joyce P. Gall, 1996. Educational Research An Introduction, Sixth Edition. Longman Publishers.New York.

Madaus, George F. , Michael S. Scriven, dan Daniel L. Stufflebeam,1985. Evaluation Models, Viewpoints on Educational and HumanService Evaluation. Kluwer-Nijhoff Publishing. Boston.

Nulhakim, T. R. 2008. Evaluasi Program Akselerasi. Disertasi, Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta. Jakarta.

Perdhanawati, Vindhy. 2017. Manajemen Usaha Busana Konveksi, Modiste Dan Bordir Di Kecamatan Mayangan Kota Probolinggo. Jurnal Penelitian Busana dan Desain Vol. 1, No. 1, September 2017. Hal 11-24.

Pophan, James W.. 1987.Educational Evaluation. Prentice Hall Inc. NewJersey.

Sintawati, E. 2016. Pelaksanaan Teaching Factory Melalui Pembelajaran Manajemen Usaha Modiste Pada Program Studi Tata Busana. Makalah prosiding diseminarkan pada seminar Nasional Aptekindo. Medan.

Sintawati, E, Nurdiansyah, R, Purwaningsih, N.E. 2017. Evaluasi Model Pembelajaran TF-6M Pada Perkuliahan MUB Modiste Prodi Tata Busana Jurusan Teknologi Industri FT UM. Malang: Laporan Penelitian tidak dipublikasikan.

Sofan, A. Pengembangan dan Model Pembelajaran dalamKurikulum 2013. Prestasi Pustakaraya. Jakarta.

Sudirta, IGK. 2006. Partisipasi Dunia Usaha dan Dunia Industri Dalam Pendidikan Kejuruan: Studi pada Pelaksanaan PI Siswa SMK Negeri Provinsi Bali Bidang Keahlian Tata Busana. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran IKIP Negeri Singaraja, No. 2 TH. XXXIX April 2006 (www.undiksha¬.ac¬.id/-images/img_item/491.doc). Diakses 10 oktober 2011.

Sunu, A. I.G.K. 2010. Pengelolaan Pendidikan Multikultural (Studi Kasus Pada SMP/MTs di Provinsi Bali). Disertasi tidak diterbitkan. Bandung: PPs UPI.

Stufflebeam, Daniel L. dan Anthony J, Shinkfield. 1986. SystematicEvaluation, A Self-Instructional Guide to Theory and Practice,Kluwer-Nijhoff Publishing. Boston.

Wening, S dan Savitri, S. 1994. Dasar Pengelolaan Usaha Busana. Yogyakarata: FPTK IKIP Yogyakarta.

Yerusalem, M.A. 2011. Manajemen Usaha Busana. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta




DOI: https://doi.org/10.21831/hej.v1i1.23279

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Esin Sintawati, Rudi Nurdiansyah, Nur Endah Purwaningsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

index by 

Creative Commons License

Home Economic Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Home Economics Journal Stats