Survei Perangkat Digital: Personal Information Management Pembelajaran

Rama Faiz Pangestu, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Rauuf Anugrah Akbar, Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia
Niswi Mukarromah, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Perkembangan teknologi dan informasi yang sangat cepat sekaligus saling keterkaitan memberikan kemudahan dalam penyebaran informasi. Informasi saat ini benar-benar hadir sangat digital karena adanya teknologi. Disisi lain informasi yang melimpah tanpa dapat dibendung mengisi ruang-ruang penyimpanan teknologi yang menjadi problem semua kalangan salah satunya mahasiswa. Mahasiswa tidak dapat dilepaskan dari adanya teknologi informasi sebagai pengakses informasi pembelajaran perkuliahan. Oleh karena itu, perlu adanya pengelolaan informasi pembelajaran melalui perangkat yang mereka gunakan. Tujuan penelitan ini yaitu untuk mengukur tingkat perbandingan penggunaan teknologi antara smartphone dengan laptop/komputer. Metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan survey cross sectional digunakan dalam penelitian ini. Sampel survei berjumlah 114 Mahasiswa Magister dan Doktor UNY tahun akademik 2020/2021 dan 2021/2022. Prosedur pengambilan data dimulai dengan menyebarkan kuesioner pada sampel, kemudian data dihitungdan selanjutnya disajikan dalam bentuk diagram. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan smartphone untuk pengelolaan informasi pembelajaran sebesar 61% dibandingkan laptop/komputer dengan persentase 39%. Berdasarkan hasil penelitian persentase penggunaan perangkat digital yang paling banyak digunakan adalah smartphone


Keywords


personal information management; information overload; teknologi

Full Text:

PDF

References


Addison, P. B., Lueg, C., Ellis, L., & Manning, J. (2012). “Everything goes into or out of the iPad”: The iPad, information scraps and personal information management. OzCHI ’12: Proceedings of the 24th Australian Computer-Human Interaction Conference, 61–67. https://doi.org/10.1145/2414536.2414546

Ali, I., & Warraich, N. F. (2019). The relationship between mobile self efficacy and mobile based personal information management practices: A systematic review. Library Hi Tech, 1(1), 1–18. https://doi.org/10.1108/LHT-06-2019-0116

Alrukaibani, B., & Chaudhry, A. S. (2019). The Personal information management practices of the graduates of the department of information studies at Kuwait University. International Journal of Knowledge Content Development & Technology, 9(1), 19–42. http://dx.doi.org/10.5865/IJKCT.2019.9.1.019

Bawden, D., & Robinson, L. (2008). The dark side of information: Overload , anxiety and other paradoxes and pathologies. Journal of Information Scinece, 35(108), 180–191. https://doi.org/10.1177/0165551508095781

Beerbaum, D., & Piechocki, M. (2017). Can technology overcome information overload?– a literature review and comparative analysis of ESMA’s consultation on the European single electronic standard. International Journal of Finance and Accounting, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.25200.87048

Bernstein, M., Kleek, M. Van, Karger, D., & Schraefel, M. C. (2008). Information scraps: how and why information eludes our personal information management tools. ACM Transactions on Information Systems, 26(4), 1–46. https://doi.org/10.1145/1402256.1402263

Cai, Y., Dong, X. L., Halevy, A., Liu, J. M., & Madhavan, J. (2005). Personal information management with SEMEX. Proceedings of the ACM SIGMOD International Conference on Management of Data, 921–923. https://doi.org/10.1145/1066157.1066289

Daeng, I. T. M., Mewengkang, N. ., & Kalesaran, E. R. (2017). Penggunaan Smartphone dalam menunjang aktivitas perkuliahan oleh Mahasiswa Fispol Unsrat Manado. Acta Diurna Komunikasi, 6(1), 1–15. https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/15482

Daulay, R. S., Pulungan, H., Noviana, A., & Hurhaliza, S. (2020). Manfaat teknologi Smartphone di kalangan pelajar sebagai akses pembelajaran di masa pandemi corona-19. Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 29–43. https://doi.org/https://doi.org/10.56114/al-ulum.v1i1.7

Diekema, A. R., & Olsen, M. W. (2014). Teacher personal information management (PIM) practices: Finding, keeping, and re-finding information. Journal of Association for Infromation Science and Technology, 65(11), 2261–2277. https://doi.org/https://doi.org/10.1002/asi.23117

Dilhani, H. G. P. S. C. (2021). Personal digital information management practices among university academic community: A case study. Digital Repository, 70–73. http://repository.kln.ac.lk/handle/123456789/24431

Faize, F. A., Hussain, W., & Akhtar, M. (2018). Exploring students’ competency in personal information management: Problems and prospects. Pakistan Journal of Information Management and Libraries, 20(1), 1–18. https://doi.org/10.47657/2018201048

Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. (2012). How to design and evaluate research in education. McGraw-hill. https://saochhengpheng.files.wordpress.com/2017/03/jack_fraenkel_norman_wallen_helen_hyun-how_to_design_and_evaluate_research_in_education_8th_edition_-mcgraw-hill_humanities_social_sciences_languages2011.pdf

Heriyanto, & Anggitia, S. (2022). Information Experience of Village Library Staff. Information Development, 38(3), 464–469. https://doi.org/10.1177/02666669211030600

Jones, W. (2007). Personal information management. Annual Review of Information Science and Technology, 41(1), 453–504. https://doi.org/10.1002/aris.2007.1440410117

Kominfo. (2017). Survey penggunaan TIK 2017 (pp. 1–30). https://literasidigital.id/books/797-2

Larasati, M., & Prasetyawan, Y. Y. (2020). Personal information management dan perilaku mahasiswa Universitas Diponegoro dalam memanfaatkan bookmark manager. Pustakaloka, 12(2), 215–236. https://doi.org/10.21154/pustakaloka.v12i2.2324

Lee, S. K., Howe, W., & Kim, K. S. (2023). Factors of information overload and their associations with news consumption patterns: The roles of tipping point. SSRN, 1(1), 1–40. http://dx.doi.org/10.2139/ssrn.4380247

Mkhai, E., & Rashid, N. H. (2021). Management of Personal information among library staff at the University of Dar es Salaam, Tanzania. University of Dar Es Salaam Library Journal, 16(2), 173–185. https://doi.org/10.4314/udslj.v16i2.12

Musdalifah, R. (2019). Pemrosesan dan penyimpanan informasi pada otak anak dalam belajar. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan Islam, 17(2), 218–231. https://doi.org/10.35905/alishlah.v17i2.1163

Namdari, A., & Farajpahlu, A. (2022). Measurement amount of knowledge and skills based on management activities personal information. SSRN, 1(1), 1–13. http://dx.doi.org/10.2139/ssrn.4085763

Novriyanti, Gimin, & Zahirman. (2017). Pengaruh penggunaan free Smartphone sebagai sumber belajar siswa dalam mata pelajaran PPKn terhadap hasil belajar siswa kelas x SMAN 8 Pekanbaru Ta 2015 / 2016. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 1(1), 1–9. https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFKIP/article/view/15011

Otopah, F. O., & Dadzie, P. (2013). Personal information management practices of students and its implications for library services. Aslib Proceeding, 143–160. https://doi.org/10.1108/00012531311313970

Pangestu, D., Rosman, & Rismayeti. (2022). Personal information management (PIM) pengurus badan eksekutif mahasiswa (BEM) Universitas di Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Sistem Informasi dan Ilmu Komputer, 2(3), 117–138. https://doi.org/10.55606/juisik.v2i3.361

Ruff, J. (2002). Information overload : Causes, symptoms and solutions. SEMANTIC SCHOLAR, 1(1), 1–13. https://www.semanticscholar.org/paper/Information-Overload%3A-Causes%2C-Symptoms-and-Ruff/73a5821bd9454dd6cbc6d919e8e75de0ba8b1a13

Timbowo, D. (2016). Manfaat penggunaan Smartphone sebagai media komunikasi (studi pada mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sam Ratulangi). Acta Diurna Komunikasi, 5(2), 1–13. https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/11719

Wati, M. N., & An, D. N. (2020). Penggunaan Smartphone sebagai sumber belajar siswa kelas xii IPS SMA Negeri 2 Lubuk Basung di era pandemi pada mata pelajaran sosiologi (studi kasus kelas xii IPS 1, 2 dan 3). Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 85–92. https://doi.org/10.24036/sikola.v2i2.77

Yasmin, S., Warraich, N. F., & Ali, I. (2019). Personal digital information management practices of engineering faculty: finding, organizing, and re-finding information. Pakistan Journal of Information Management and Libraries, 21, 88–103. https://doi.org/10.47657/2019211541




DOI: https://doi.org/10.21831/ep.v5i1.66702

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Rama Faiz Pangestu, Rauuf Anugrah Akbar, Niswi Mukarromah

Flag Counter

View My Stats Epistema