Analisis Penggunaan Metode Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik

Indah Yuniarti Putri, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Putri Vadia Damayanti, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Pendidikan merupakan penentu guna kemajuan bangsa, pendidikan juga menjadi bagian kebudayaan guna mencerdaskan bangsa, mengembangkan masyarakat dengan berbagai kemampuan, pengetahuan, keterampilan, serta sikap peserta didik dalam masyarakat. Penguasaan cara belajar peserta didik dalam menggunakan kejeniusan serta keterampilan kurang diperhatikan dan mirisnya tidak pernah didapatkan oleh siswa selama belajar di sekolah dasar. Dalam hal ini Teknolog pendidikan diharapkan membuat kemajuan pembelajaran, seperti metode pembelajaran yang menarik dan menyenangkan bagi siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil dari penggunaan metode pembelajaran Mind Mapping. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif, jenis penelitian kepustakaan (library research). Sumber data diambil dari beberapa catatan yang berhubungan dengan pokok pembicaraan. Dari penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan Mind Mapping memiliki tingkat positif, pemanfaatan Mind Mapping sangat efektif dan efisien, sehingga menjadikan siswa menarik dalam belajar. dan prestasi belajar pun meningkat. Hasil penelitian ini, dilihat dari beberapa spesialis materi dan spesialis media yang menggunakan buku penelitian. Hasil yang diberikan tepat dan dapat diandalkan.


Keywords


metode belajar; mind mapping; prestasi belajar

Full Text:

PDF

References


Achdiyat, M., & Warhamni, S. (2018). Sikap cara belajar dan prestasi belajar. Faktor jurnal ilmah kependidikan, 5(1), 49–58.

Musta’in, M. (2016). Pendidikan berbasis pengalaman menurut pemikiran John Dewey dan relevansinya dalam pendidikan islam (telaah buku experience and education penulis John Dewey ). 42–52.

Setyarini, D. (2019). Metode pembelajaran mind map untuk meningkatkan prestasi belajar anak didik sekolah dasar. Jurnal imiah pendidikan dasar, 6(1), 30. Https://doi.org/10.30659/pendas.6.1.30-44

Syahidah, N. (2015). Metode mind map sebagai upaya mengembangkan kreativitas siswa dalam pelajaran ekonomi. Prosiding seminar nasional, 5, 108–117.

Yusuf Aditya, D. (2016). Pengaruh penerapan metode pembelajaran resitasi terhadap hasil belajar matematika siswa. SAP (susunan artikel pendidikan), 1(2), 165–174. https://doi.org/10.30998/sap.v1i2.1023




DOI: https://doi.org/10.21831/ep.v3i2.50522

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Indah Yuniarti Putri

Flag Counter

View My Stats Epistema