Analisis Kebutuhan Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca dan Menyimak pada Siswa SMP di Yogyakarta

Suparti Suparti, Balai Pengembangan Media Radio Pendidikan dan Kebudayaan (BPMRPK), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Indonesia

Abstract


Abstrak

Penelitian ini merupakan bagian dari penelitian pengembangan pada fase pertama yaitu analisis kebutuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan rekomendasi sebagai bahan pertimbangan dalam pengembangan aplikasi pembelajaran bahasa Inggris untuk meningkatkan keterampilan membaca dan menyimak pada siswa SMP/MTs. Penelitian dilakukan pada bulan Januari 2021 dengan melibatkan 6742 responden siswa, 118 responden guru, dan 4 guru sebagai narasumber. Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu angket, panduan wawancara, dan studi dokumen. Hasil penelitian merekomendasikan bahwa Mobile Assisted Language Learning (MALL) dengan konsep Reading While Listening (RWH) sangat diperlukan untuk meningkatkan keterampilan membaca sekaligus menyimak, serta meningkatkan kemandirian belajar siswa dengan tetap melibatkan peran guru baik sebagai pengendali, pembimbing, maupun motivator dalam proses pembelajaran. Selain itu, pengembangan dalam materi tersebut perlu disesuaikan dengan kurikulum dengan memperhatikan pada upaya untuk meningkatkan penguasaan kosakata, pemahaman isi materi (reading and listening comprehension), unsur kebahasaan serta tata bahasa dalam sebuah paket lengkap.


Keywords


analisis kebutuhan; mall; reading while listening

Full Text:

PDF

References


Alpino Susanto, A Malik, Mitrayati. (2020). The Challenges of Learning English as a Foreign Language Among Undergraduate Students. INOVISH JOURNAL, Vol. 5, No. 1, June 2020. doi: https://doi.org/10.35314/inovish.v5i1.1341.

Aziz, Thabrani. (2019). Student’s Difficulties in reading Comprehension at the Second Grade of Junior High School Satap 3 Betara. Thesis. Diakses pada 10 April 2022 dari http://repository.uinjambi.ac.id/2187/1/TE152184_THABRANI%20AZIZ_PBI%20-%20azis%20thabrani.pdf.

Budiarto, D. S. (2019). Panduan Riset Kuantitatif: Trik Publikasi BAgi Pemula (Edisi 1). Yogyakarta: UPY Press.

Darmawan, A. (2020). Panduan Pemanfaatan Rumah Belajar untuk BDR dengan Menerapkan Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Pusdatin.

Elsa Tragant, Anna Vallbona. (2018). Reading While Listening to Learn: Young EFL Learners’ Perceptions. ELT journal, Volume 72, Issue 4 October 2018, 395-404. doi:10.1093/elt/ccy009.

Haloho, Uci Nursanty dkk. Listening Problems for Junior High School. Vol. 2 No. 11 (2022): International Journal of Multiscience-Februari, 2022 Edition. doi: -

Hidayat, D. R. (2020). Kemandirian Siswa dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid 19. Perspektif Ilmu Pendidikan, Volume 34 Nomor 2 , 147-153. DOI: https://doi.org/10.21009/PIP.342.9.

Jaya, H. P. (2017). What Should Be Done When Listening Comprehension Is Difficult. HOLISTICS JOURNAL, Volume 9, Number 17 June 2017, 37-42. doi: -

Kemendikbud. (2016). Silabus Mata Pelajaran Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Makariem, N. (2019). Mengenal Konsep Merdeka Belajar dan Guru Penggerak. Diakses 14 Januari 2020 dari https://gtk.kemdikbud.go.id/read-news/mengenal-konsep-merdeka-belajar-dan-guru-penggerak.

Michelle Gilman, Michael Johnson, Abera Demeke. (2017). Does Reading-While-Listening Enhance Students' Reading Fluency? Preliminary Results from School Experiments in Rural Uganda. Journal of Education and Practice, Vol.8, No.7, 2017, 82-91. doi: - http://www.iiste.org/.

Mukminatien, N. (2016). Language Teaching Methods. In N. Mukminatien, Modul 1: Methods of Language Teaching (pp. 1-55). Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Mulyatiningsih, E. (2011). Riset Terapan Bidang Pendidikan dan Teknik. Yogyakarta: UNY Press.

Nuraeni. (2019). Problems Encountered by Learners and How to Deal with Them in Learning English as A Foreign Language. Conference Proceedings – 77. (p. https://journal.uhamka.ac.id/index.php/uicell/article/download/4142/1263/). Jakarta: Unhamka.

Qorri’aina, F. D. (2018). Hubungan Antara Kebiasaan Membaca, Penguasaan Kosakata dan Ketrampilan Membaca Kelas. Teknodika, Volume 16 No. 01 Maret 2018. doi: https://doi.org/10.20961/teknodika.v16i1.34753.

Raihan, P. (2019). Analisis Kemandirian Belajar Siswa Menggunakan Aplikasi Duolingo pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris di Kelas VIII SMP Negeri 1 Sabang. Diakses 25 September 2021 dari https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8436/1/Putri%20Raihan.pdf.

Rizka Puji Lestari, Siti Sarah Fitriani, Nira Erdiana. (2017). Reading Comprehension Difficulties Encountered By Senior High School EFL Students. Research in English and Education (READ), 2(2), 110-118, June 2017, 110-118. doi:10.25299/jshmic.2018.vol5(2).1885.

Saraswati N.K.R, Dambayana P.E., Pratiwi N.P.A. (2021). An analyziz of Student’s Reading Comprehension Difficulties of Eighth Grade Students. Jurnal IKA Undiksha, Vol. 19, No. 1, Maret 2021 ISSN: 1829-5282, p34-45. doi: 10.23887/ika.v19i1.31826.

Shafiana, N. (2020). Pengelolaan Pembelajaran Bahasa Inggris dalam Mengintegrasikan Kecakapan Abad 21 di SMP Negeri 1 Penawangan.

Syifa Nadhira, Silih Warni. (2021). Students’ Listening Difficulties in English as a Foreign Language Learning at Secondary School in Indonesian Context. Proceedings of the 1st Annual International Conference on Natural and Social Science Education (ICNSSE 2020) (pp. 186-193). Jakarta: Atlantis Press SARL.

Wardiansyah, Barnabas S, Elfrida. (2019). The Correlation Between Listening Habit to English Song and Vocabulary Mastery. Journal of English Education and Teaching (JEET) , Volume 3 number 3, September 2019, Page 287-298. doi: https://doi.org/10.33369/jeet.3.3.287-298




DOI: https://doi.org/10.21831/ep.v3i1.44046

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Epistema

Flag Counter

View My Stats Epistema