Model Pembelajaran yang Memerdekakan untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Bantul

Monika Sidabutar, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
C. Asri Budiningsih, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Suyantiningsih Suyantiningsih, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Tujuan dari pelaksanaan Pengabdian kepada Masyarakat (PPM) ini adalah memberikan pelatihan kepada guru tentang cara menerapkan model pembelajaran yang memerdekakan dalam rangka meningkatkan kemandirian belajar siswa; dan meningkatkan mutu kinerja dan kompetensi guru dalam menerapkan model pembelajaran yang memerdekakan bagi siswa.

Kegiatan PPM ini dilaksanakan secara online pada tanggal 1-2 Juli 2021, dengan subyek sebanyak 34 peserta yang terdiri dari guru-guru Sekolah Dasar Kabupaten Bantul. Metode yang digunakan ceramah, diskusi, dan simulasi/praktek. Metode ceramah dan diskusi digunakan untuk menyampaikan materi dan memahamkan peserta tentang konsep pembelajaran yang memerdekakan dan peranan guru dalam pembelajaran yang memerdekakan. Metode praktek/simulasi, digunakan untuk memberikan kesempatan kepada peserta untuk merancang rencana pembelajaran model pembelajaran yang memerdekakan dan media yang menarik dengan PowerPoint untuk mendukung proses pembelajaran yang memerdekakan lebih efektif dan efisien.

Hasil kegiatan PPM menunjukkan bahwa: 1) pengetahuan, wawasan dan kompetensi para guru tentang bagaimana menerapkan model pembelajaran yang memerdekakan, untuk mendorong kemandirian belajar siswa, meningkat; 2) Kegiatan pelatihan ini dinilai telah mampu memberikan kontribusi nyata terhadap peningkatan kompetensi guru dalam dalam memfasilitasi pembelajaran yang memerdekakan dengan dihasilkannya tabel rancangan pembelajaran yang memerdekakan dan media pembelajaran PowerPoint yang dapat digunakan dalam mendukung pembelajaran yang efektif dan efisien.

 


Keywords


model pembelajaran memerdekakan; belajar mandiri siswa; liberating learning model; students’ independence learning

Full Text:

PDF

References


Azyumardi Azra. (2007). Merawat kemajemukan merawat Indonesia. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

Bill Meyer, Naomi Haywood, Darshan Sachdev and Sally Faraday. (2008). What is independent learning and what are the benefits for students? London: Department for Children, Schools and Families Research Report 051.

C. Asri Budiningsih. (2010). Strategi Pembelajaran yang Memerdekakan. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan Nomor 2 Volume, 6 Oktober 2010.

Christophe Mullings. 2019. Developing independent learning skills that improve outcomes. Diunduh dari: https://blog.irisconnect.com/uk/blog/9-tips-for- encouraging-students-to-become-independent-learners/. Diakses tanggal 12 Februari 2021.

Freire, P. (2000). Pedagogy of the oppressed. New York, NY: Continuum International Publishing Group, Inc.

SMU Kolese de Britto. (1999). Pendidikan Bebas Menuju Pribadi Mandiri. Yogyakarta: Yayasan De Britto.




DOI: https://doi.org/10.21831/ep.v3i1.42918

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Epistema

Flag Counter

View My Stats Epistema