Tingkat kepuasan pengguna dan analisis kebutuhan pengembangan Laboratorium Jurusan

Sungkono Sungkono, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Ariyawan Agung Nugroho, Yogyakarta State University, Indonesia
Estu Miyarso, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui  tingkat kepuasan pengguna laboratorium Jurusan KTP FIP UNY saat ini dan untuk mengetahui gambaran kebutuhan apa saja untuk  pengembangan laboratorium  Jurusan KTP FIP UNY.

Penelitian ini menggunakan pendekatan  kuantitatif dengan jenis metode survey. Subjek penelitian ini adalah seluruh pengguna Laboratorium Jurusan KTP FIP UNY baik pengguna internal maupun eksternal. Adapun pengambilan sampel menggunakan teknik stratified random sampling . Adapun sampel penelitian ini berjumlah 175 mahasiswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu  angket tertutup dan terbuka. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif.  

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan mahasiswa sebagai pengguna internal Lab Jurusan KTP FIP UNY termasuk pada kategori baik (rerata skor 3,52).  Hal ini dapat diartikan pula bahwa tingkat kepuasan mahasiswa pengguna terhadap Lab Jurusan KTP FIP UNY pada tahun 2015 adalah tinggi.  Indikator tingginya tingkat kepuasan pengguna lab jurusan ini ditunjukkan dari aspek tangible yang memperoleh rerata skor penilaian 3,48, aspek responsiveness dengan rerata skor penilaian 3,60, aspek assurance dengan rerata skor 3,53, dan aspek empathy dengan rerata skor 3,47.  Hanya aspek reliability saja yang mendapat skor 3,42 atau masuk pada kriteria cukup. Hasil analisis kebutuhan menunjukkan bahwa secara keseluruhan sudah baik atau sudah memadai. Hal ini terbukti 61% dari 175 orang responden mahasiswa pengguna menilai bahwa ketersediaan sarana prasarana, SDM lab, dan program layanan sebagai komponen kebutuhan untuk pengembangan Lab Jurusan KTP FIP UNY sudah memadai.

Full Text:

PDF

References


Abidin, Z Analisis Kebutuhan Pembelajaran, http://eprints.ums.ac.id/4610/,

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. 2010. Peraturam Menteri PAN dan RB No.3 Tahun 2010 tetang Jabatan Fungsional Pranata laboratorium dan Angka Kreditnya. Jakarta: Kemen PANRB

Kemp, EJ. 1994. Proses Perancangan Pengajaran, terjemahan Asril Marjohan, Namdung, ITB.

Morrison, Ross, GR, Ross, SM,. Kemp, EJ. 2001. Designing Effective Instruction, Third Edition. USA: John Wiley and Sons.

Mudoffir. 1986. Prinsip-prinsip Pengelolaan Sumber Belajar. Bandung: Remadja Karya.

Santoso, H. 2011. Metode Pengukuran Tingkat Kepuasan Pemakai Perpustakaan Perguruan Tinggi. Makalah lepas. Malang: UPT Perpustakan UNM

Samosir, B dalam “Struktur Organisasi Pusat Sumber Belajar” diakses di http//struktur-organsasi-pusat-sumber-belajar.html pada tanggal 11 April 2014

Suparman. A 2004. Desain Instruksional, Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Tim Borang Akreditasi Jurusan. 2014. Naskah Borang Akreditasi Jurusan KTP FIP UNY tahun 2014. Yogyakarta: KTP FIP UNY

Tim Evaluasi diri Akreditasi Jurusan. 2014. Naskah Evaluasi Diri Akreditasi Jurusan KTP FIP UNY tahun 2014. Yogyakarta: KTP FIP UNY

Tjiptono. 1996. Total Manajemen Pelayanan Publik. Jakarta: Rineka Cipta




DOI: https://doi.org/10.21831/ep.v1i2.34985

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Epistema

Flag Counter

View My Stats Epistema