Studi evaluasi program pendidikan dan pelatihan komputer di balai latihan kerja kabupaten bantul

Yuli Ernawati, Teknologi Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Suyantiningsih Suyantiningsih, Teknologi Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program pendidikan dan pelatihan komputer Tahun 2019 di Balai Latihan Kerja Kabupaten Bantul, ditinjau dari aspek context, input, process, dan product dengan menggunakan model evaluasi CIPP. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara,dan studi dokumen. Teknik analisis data yang digunakan meliputi: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Triangulasi yang digunakan adalah triangulasi sumber dan metode. Hasil evaluasi yang dilakukan dengan menggunakan model CIPP menunjukkan bahwa program pendidikan dan pelatihan Komputer di Balai Latihan Kerja Kabupaten Bantul secara keseluruhan masih belum sesuai dengan standar pelaksanaan Pendidikan dan pelatihan, baik dari aspek context, input, process, maupun product. Namun demikian, derajat ketidaksesuaiannya untuk masing-masing aspek dalam perspektif model CIPP yang dipergunakan masing-masing berbeda.

Abstract
          This study aims to evaluate the computer training and education program in 2019 at Balai Latihan Kerja Kabupaten Bantul, in terms of context, input, process, and product using the CIPP evaluation model. This research is an evaluative study using a qualitative approach. Data collection techniques carried out using the method of observation, interviews, and document studies. Data analysis techniques used include data reduction, data presentation, and drawing conclusions. Triangulation used is the source and method triangulation. The results of evaluations carried out using the CIPP model show that the computer education and training program at Balai Latihan Kerja Kabupaten Bantul is still not in accordance with the standards of implementing education and training as a whole, both in the context, input, process, and product aspects. However, the degree of discrepancy for each aspect in the perspective of the CIPP model used is different from one to another.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/ep.v1i1.32488

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Epistema

Flag Counter

View My Stats Epistema