INDUSTRIALISASI DAN TANTANGANNYA PADA SEKTOR PENDIDIKAN

Arif Unwanullah, UNIROW Tuban, Indonesia, Indonesia

Abstract


Abstrak: Industrialisasi dan Tantangannya pada Sektor Pendidikan. Sumbangan pendidikan dalam perubahan dan pembangunan masa lalu telah bergeser dengan kemajuan teknoekonomi dan komunikasi. Perubahan yang terjadi telah menggeser tatanan kehidupan dan pandangan masyarakat. Materialisme, kapitalisme, efisiensi, dan efektivitas telah menjadi tujuan dan semangat hidup. Pergeseran pandangan masyarakat telah mengubah pula pandangan keberhasilan dan mutu pendidikan, di mana pendidikan diukur dari keberhasilan dalam keterserapan lulusan dalam dunia kerja, oleh karenanya pendidikan dianalisis dari karakteristik sebagai investasi (capital-investment). Pergeseran makna dan tanggung jawab pendidikan mendorong dunia pendidikan melakukan pembaruan dengan alternatif: membangun pembaruan penalaran warganya menuju pemerdekaan dan pendewasaan, pendidikan dilaksanakan secara komprehensif dan bekerjasama dengan semua pihak secara kemitraan, dan membangun visi pendidikan secara komprehensif dan simultan dengan semua pihak.

Kata kunci: perubahan sosial, materialistik, modernisasi dan kapitalis

Abstract: Industrialization and its education Sector challenges. Contribution of education has shifted with the progress of technology, economy, and communication. The changes have shifted the society's views. Materialism, capitalism, efficiency, and effectiveness have become of interest and enthusiasm for life. The shift has changed society's view, i.e. the view of success and quality of education, in which education is measured from a rate of the absorption of graduates into labor market, therefore education is analyzed from the characteristics of an investment (capital-investment). A shift in meaning and responsibility of education encourages the education sector to create reformation through these following alternatives: creating new thoughts towards liberation and maturation, implementing education comprehensively and cooperating with all parties in partnership, and creating a vision of education comprehensively and simultaneously.

Keywords: social change, materialistic, modernization and capitalist


Keywords


perubahan sosial; materialistik; modernisasi dan kapitalis

Full Text:

PDF

References


Agus Suwignyo, (2008) Pendidikan tinggi & goncangan perubahan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Driyakara, N. (1980) Driyakara tentang pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.

Everet Reimer. (2000) Matinya sekolah (saduran oleh m. soedomo judul asli school is dead) Yogyakarta: PT Hanindita Graha Widia.

Ira Shor dan Paulo Freire. (2001) Menjadi guru merdeka petikan pengalaman. (terjemahan a. nasir budiman judul asli a pedagogi for liberation dialogues on transforming education). Yogyakarta: LKIS

Noeng Muhadjir. (2001) Identifikasi faktor-faktor opinion leader inovatif bagi pembangunan masyarakat (suplemen: tes inventori, teori & konstruksi. Yogyakarta: Penerbit Rake Sarasin.

Paulo Freire (2002) Kehidupan, karya dan pemikirannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suyanto dan Djihad Hisyam. (2000) Refleksi dan reformasi pendidikan di indonesia memasuki milenium III. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.

Tilaar, H.A.R. (1998) Beberapa agenda reformasi pendidikan nasional dalam perspektif abad 21. Jakarta: Terra Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.21831/economia.v11i2.8237

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Archive, Citation & Indexing:

More archive, citation, & indexing...

Creative Commons License

This site is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License