Agency Relationship in Budgeting at Inclusion Schools in Gunungkidul District

Risma Wira Bharata, Universitas Tidar, Indonesia
Eko Suwardi, Universitas Gadjah Mada, Indonesia
Mimin Nur Aisyah, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Abstract: This study explores the effect of budgetary participation on budgetary slack with organizational culture as an intervening variable in inclusive schools. This study used a survey method by distributing questionnaires consisting of six questions for budgetary slack, five questions budget participation, and 23 questions organizational culture. Used purposive sampling, the study included 100 inclusive school principals and ten education office staff who handled the inclusive school budget. Data were analyzed through a path analysis by using PLS. This study shows that budgetary participation affects organizational culture but has no effect on budgetary slack. Moreover, organizational culture does not mediate the relationship between budget participation and budgetary slack. The Office of Education and Inclusive Schools are suggested to establish better communication and strengthen an organizational culture that can encourage inclusive schools to participate in budgeting to reduce budgetary slack in inclusive education.

Keywords: Budget Participation, Budgetary Slack, Organizational Culture


Hubungan Keagenan dalam Penganggaran pada Sekolah Inklusi di Kabupaten Gunungkidul


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh partisipasi anggaran terhadap senjangan anggaran dengan budaya organisasi sebagai variabel intervening pada sekolah inklusif. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan menyebarkan kuesioner yang terdiri dari 6 pertanyaan untuk senjangan anggaran, 5 pertanyaan partisipasi anggaran, dan 23 pertanyaan budaya organisasi. Sampel menggunakan purposive sampling, yang meliputi 100 kepala sekolah inklusif dan 10 pegawai dinas pendidikan yang menangani anggaran sekolah inklusif. Analisis data menggunakan analisis jalur dengan PLS. Penelitian ini menemukan bahwa partisipasi anggaran berpengaruh terhadap budaya organisasi namun tidak dapat menemukan pengaruh partisipasi anggaran terhadap senjangan anggaran. Penelitian ini tidak membuktikan bahwa budaya organisasi dapat memediasi hubungan antara partisipasi anggaran dan senjangan anggaran. Dinas pendidikan dan sekolah inklusif diharapkan dapat menjalin komunikasi yang lebih baik dan memperkuat budaya organisasi yang dapat mendorong sekolah inklusif untuk berpartisipasi dalam penyusunan anggaran sehingga mengurangi senjangan anggaran dalam pendidikan inklusif.

Kata kunci: Partisipasi Anggaran, Senjangan Anggaran, Budaya Organisasi


Keywords


Partisipasi Anggaran, Senjangan Anggaran, Budaya Organisasi

Full Text:

PDF

References


Agusti, R. (2012). Pengaruh Partisipasi Penyusunan Anggaran Terhadap Kinerja Aparatur Pemerintah Daerah Dengan Dimoderasi Oleh Variabel Desentralisasi Dan Budaya Organisasi. Jurnal Ekonomi Universitas Riau, 20(3). https://je.ejournal.unri.ac.id/index.php/JE/article/view/1173.

Alfebriano. (2013). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Slack Anggaran pada PT BRI di Kota Jambi. E-Jurnal Binar Akuntansi. http://portalgaruda.fti.unissula.ac.id/index.php?ref=browse&mod=viewarticle&article=122435.

Andiyani & Ro’fah. (2014). Strategi Pembelajaran Adaptif Untuk Statistika. Inklusi, 1(1), 83–108. https://doi.org/10.14421/ijds.010105.

Anthony, R. N., & Govindarajan, V. (2000). Management Control System. U.S.: The McGraw-Hill.

Apriadinata, M. D., Sujana, E., & Adi Putra, M. P. (2014). Pengaruh Partisipasi Anggaran, Penekaanan Anggaran, Komitmen Organisasi, dan Asimetri Informasi terhadap Slack Anggaran dengan Kompleksitas Tugas sebagai Variabel Moderasi (Studi Kasus pada BPR di Kota Singaraja). E-Jurnal S1 Ak Universitas Pendidikan, 2(1). http://dx.doi.org/10.23887/jimat.v2i1.4357.

Budi, T. A. (2013). Pengaruh Penganggaran Partisipatif Terhadap Budgetary Slck dengan Asimetri Informasi dan Budget Emphasis Sebagai Variabel Pemoderasi (Studi Kasus Pada PEMDA Kabupaten Sleman). UGM.

Dewi, N. M., & Sudana, I. P. (2013). Pengaruh Penganggaran Partisipatif pada Senjangan Anggaran dengan Budgetary Control dan Komitmen Organisasi sebagai Variabel Pemoderasi. E-Jurnal Akuntansi Univervitas Udayana, 707–722. https://ojs.unud.ac.id/index.php/Akuntansi/article/view/7665.

Djasuli, M., & Fadilah, N. I. (2011). Efek Interaksi Informasi Asimetri, Budaya Organisasi, Group Cohensiveness dan Motivasi dalam Hubungan Kausal antara Budgeting Partisipation dan Budgetary Slack. Jurnal PESAT Universitas Ganadarma, 4. http://repository.gunadarma.ac.id/id/eprint/1347.

Douglas, P. C., & Wier, B. (2000). Integrating Ethical Dimensions Into A Model Of Budgetary Slack Creation. Journal Of Business Ethics, 28(3), 267–277. https://doi.org/10.1023/A:100624190201.

Dunk, A. S. (1993). The Effect of Budget Emphasis and Information Asymetry on the Relation between Budgetary Partisipaton and Slack. The Accounting Review, 68(2), 400–410. https://www.jstor.org/stable/248408?seq=1.

Falikhatun. (2007). Interaksi Informasi Asimetri, Budaya Organisasi, dan Group Cohensiveness dalam Hubungan antara Partisipasi Penganggarann dan Budgetary Slack. SNA X.

Fikri, A. (2014). Partisipasi Politik Masyarakat Difabel Dalam Pembentukan Kebijakan Pendidikan Tinggi Inklusif. Inklusi, 1 (1), 110–128. https://doi.org/10.14421/ijds.010106.

Grediani, E. (2010). Pengaruh Tekanan dan Tanggungjawab Persepsian pada Penciptaan Budgetary Slack. UGM.

Gudono. (2012). Teori Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.

Handayani, T., & Rahadian, S. A. (2013). Peraturan Perundangan Dan Implementasi Pendidikan Inklusif. Jurnal Masyarakat Indonesia, 39 (1). https://doi.org/10.14203/jmi.v39i1.307.

Hanjarwati, A., & Aminah, S. (2014). Evaluasi Implementasi Kebijakan Pemerintah Kota Yogyakarta Mengenai Pendidikan Inklusi. Inklusi, 1(2), 221–248. https://doi.org/10.14421/ijds.010206.

Hartono, J. (2011). Konsep Dan Aplikasi Structural Equation Modeling Berbasis Varian Dalam Penelitian Bisnis. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Huda, K., Sinarwati, N. K., Herawati, N. T., & AK, S. (2014). Pengaruh Partisipasi Anggaran Terhadap Senjangan Anggaran Dengan Budaya Organisasi Sebagai Variabel Pemoderasi. JIMAT Undiksha, 2(1). http://dx.doi.org/10.23887/jimat.v2i1.4378.

Ikhsan, A., & Ane, L. (2007). Pengaruh Partisipasi Anggaran terhadap Senjangan Anggaran dengan Menggunakan Lima Variabel Pemoderasi. SNA X.

Indriani, L., & Yusuf, M. (. (2014). Pengaruh Partisipasi Anggaran Terhadap Kesenjangan Anggaran Dengan Budaya Organisasi Sebagai Variabel Pemoderasi. Presta, 13. http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/akt/article/view/113.

Jensen & Meckling. (1976). Theory of the Firm: Managerial Behavior, Agency Costs, and Ownership Structure. Journal of Financial Economics, 3, 305–360. https://doi.org/10.1016/0304-405X(76)90026-X.

Kartika, A. (2010). The Effect of Organizational Commitment and Uncertainty Environment on The Relationship Between Budget Participation. Kajian Akuntansi, 2(2), 39–60. https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/fe4/article/view/225.

Kenis, I. (1979). Effects Of Budgetary Goal Characteristics On Managerial Attitudes And Performance. The Accounting Review, 54(4), 707–721. https://doi.org/10.1590/1982-7849rac2020200047.

Kusniawati, Heny., & Lahaya, Abni, I. (2017). Pengaruh Partisipasi Anggaran, Penekanan Anggaran, Asimetri Informasi terhadap Badgetary Slack pada SKPD Kota Samarinda. Akuntabel, 14(2). http://dx.doi.org/10.29264/jakt.v14i2.1904.

Magee, R. P. (1980). Equilibria in Budget Participation. Journal of Accounting Research. (http://www.jstor.org/stable/pdf/2490592.pdf).

Makhrisza, Sutrasna, Yudi., S. (2018). Pengaruh Partisipasi Anggaran, Budaya Organisasi, dan Teknologi terhadap Efektivitas Organisasi pada PT Pindad (Persero). Jurnal Ekonomi Pertahanan, 4(1). http://jurnalprodi.idu.ac.id/index.php/EP/article/view/190.

Mayasari. (2016). Implementasi Kurikulum 2013 Pada Anak Berkebutuhan Khusus. Inklusi: Journal Of Disability Studies, 1-1 8. https://doi.org/10.14421/ijds.030101.

Milani, K. (1975). The Relationship Of Participation In Budget-Setting To Industrial Supervisor Performance And Attitudes: A Field Study. The Accounting Review, 50(2), 274–284.

Onci, M. (1973). Factor Analysis of Behavioral Variables Affecting Budgetary Slack. The Accounting Review, 48(3), 535–548. https://www.jstor.org/stable/245151?seq=1.

Prawira, H., & Wirasedana, P. I. (2016). Budaya Organisasi Sebagai Prediktor Partisipasi Penganggaran Dan Implikasinya Pada Senjangan Anggaran. E-Jurnal Akuntansi, 14(1), 144–171. https://ocs.unud.ac.id/index.php/Akuntansi/article/view/13748.

Presiden Republik Indonesia. (2003). UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL. Jakarta: Sekretariat Negara.

Presiden Republik Indonesia. (2016). UU No.8 tahun 2016. Jakarta: Sekretariat Negara.

Raharjo, E. (2007). Agency Theory and Stewardship Theory in the Accounting Perspective. Fokus Economi, 2(1), 37–46.

Robbins, S. P. (1996). Organizational Behavior: Concept, Controversies, Applications (7th Ed.) (7th ed.). Englewood Cliffs NJ: Prenticehall.

Santoso, S. (2005). Pengaruh Partisipasi Anggaran, Komitmen Organisasi, dan Keterlibatan Pekerjaan Terhadap Senjangan Anggaran pada Penyusunan APBD Kota Semarang. UGM.

Stroh, L. K., Brett, J. M., Baumann, J. P., & Reilly, A. H. (1996). Agency Theory and Variable Pay Compensation Strategies. Academy of Mmanagement Journal, 39(3), 751–767. https://journals.aom.org/doi/abs/10.5465/256663.

Suprihatiningrum, J. (2016). Persepsi Siswa Difabel Terhadap Praktik Pendidikan Inklusif Di SMA Inklusi Di Yogyakarta. INKLUSI: Journal Of Disability Studies, 3(2), 225–244. https://doi.org/10.14421/ijds.030204.

Tarnoto, N. (2016). Permasalahan-Permasalahan Yang Dihadapi Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusi Pada Tingkat Sd. Humanitas, 13(1), 50–61. http://dx.doi.org/10.26555/humanitas.v13i1.3843.

Wati, E. (2014). Manajemen Pendidikan Inklusi Di Sekolah Dasar Negeri 32 Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, XIV(2), 368–378. http://dx.doi.org/10.22373/jid.v14i2.508.

Witasoka, D. (2016). Manajemen Pendidikan Inklusif Sma Muhammadiyah Di Kota Yogyakarta. Inklusi: Journal of Disability Studies, 3(2), 163–192. http://dx.doi.org/10.22373/jid.v14i2.508.

Young, M. S. (1985). Participative Budgeting: The Effects of Risk Aversion and Asymmetric Information on Budgetary Slack. Journal of Accounting Research, 23(2), 829–842. http://www.jstor.org/stable/pdf/2490840.pdf.




DOI: https://doi.org/10.21831/economia.v17i1.29643

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Archive, Citation & Indexing:

More archive, citation, & indexing...

Creative Commons License

This site is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License