IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER KEMANDIRIAN DI MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL

Wuri Wuryandani, , , dan
Fathurrohman Fathurrohman,
Unik Ambarwati,

Abstract


Abstrak: Penelitian bertujuan untuk menjelaskan implementasi pendidikan karakter kemandirian di Muhammadiyah Boarding School (MBS), menentukan kebijakan dan strategi dalam menginternalisasikan nilai-nilai karakter kemandirian. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data yang dilakukan lewat teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedang analisis lewat teknik induktif melalui langkah reduksi data, unitisasi dan kategorisasi, display data, dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian menunjukkan hasil sebagai berikut. Pertama, kebijakan untuk membangun kemandirian dalam diri santri dilakukan lewat kemandirian belajar, mengatur diri pribadi, memanajemen waktu. Kedua, kemandirian dalam proses pembelajaran guru menggunakan strategi penugasan yang menuntut santri untuk secara mandiri memanfaatkan sumber belajar, membuat kontrak belajar, dan mengintegrasikan pendidikan karakter kemandirian dalam proses belajar mengajar di kelas. Ketiga, terkait dengan kendala yang dialami sekolah dalam implementasi pendidikan karakter kemandirian adalah kurang konsistensinya orang tua dan adanya beberapa guru yang belum mengintegrasikan pendidikan karakter kemandirian dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: pendidikan karakter, kemandirian, Boarding School

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v15i2.9882

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Social Media:

     


 

 Creative Commons License
Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index.

Translator
 
 web
    analytics
View Our Stats