RESENSI BUKU INSTRUCTIONAL MEDIA AND TECHNOLOGIES FOR LEARNING (Fifth Edition)

Abdul Gafur Abdul Gafur,

Abstract


Teknologi pendidikan (Educational
Technology) dan teknologi pembelajaran
(Instructional Technology)
sering diasosiasikan dengan pembahasan
mengenai pemanfaatan media sebagai
perangkat keras untuk belajar. Pada hal
media sebenarnya hanya rnerupakan
bagian dari komponen teknologi
pendidikan dan teknologi pembelajaran.
Baik teknologi pendi-dikan maupun
teknologi pembelajaran, keduanya
menekankan pada upaya membantu
proses belajar manusia dengan jalan
memanfaatkan secara optimal sumbersumber
belajar melalui fungsi
pengembangan dan pengelolaan. Jadi,
makna konsep teknologi pendidikan dan
teknologi ini lebih ]uas dari pada
sekedar pemanfaatan Inedia sebagai
perangkat keras untuk pendidikan dan
pembelajaran.
Buku Instructional Media and
Technologies for Learning karya
Heinich dkk., merupakan salah satu
buku yang menjawab kritik tersebut. Hal
ini dapat dilihat dari pendekatan yang
digunakan dalam penulisan buku
tersebut, yaitu beranjak dari perspektif
pendidik atauguru dalam
mengintegrasikan media sebagai produk teknologi dengan proses pembelajaran.
Buku tersebut terdiri dari 12 bab
dan 3 lampiran. Buku tersebut dimulai
dengan s·ajian pendahuluan dalam
bentuk visual, berupa contoh-contoh
penerapan media dan teknologi untuk
meningkatkan pembelajaran. Bab 1
membahas peranan media dan teknologi
untuk pelnbelajaran, dilengkapi dengan
landasan teoritik yang relevan dengan
proses komunikasi, psikologi belajar
dan mengajar. Selain itu, dibahas pula
perspektif filosofis penggunaan media,
peranan media dalam pendidikan dan
pelatihan, dan penerapan hasil-hasil
penelitian yang relevan dengan media
dalam praktek pembelajaran. Bab 2
menyajikan model perencanaan
pembelajaran yang diberi nama
ASSURE (singkatan dari Analyze
Learner, State ObJ·ectives, Select
-Methods. Media and Materials,Utilize
Media and Materials, Require Learner
Participation, Evaluate and Revise).
Sesuai dengan model tersebut,
perencanaan sistematis penggunaan
media meliputi: Analisis siswa;
merumuskan tujuan pembelajaran
khusus; memilih metode, media, dan
bahan atau paket pembelajaran; menggunakan media dan paket
pembelajaran; mengupayakan partisipasi
aktif siswa; mengevaluasi dan
merevisi.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.9340

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Social Media:

     


 

 Creative Commons License
Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index.

Translator
 
 web
    analytics
View Our Stats