STRATEGI PENGAJARAN BAHASA JAWA SEBAGAI BAHASA KEDUA

Suwarna Suwarna,

Abstract


Kecendemngan bahasa Jawa sebagai bahasa kedua (82) di kota-kota (Besar) di
Jawa telah merisaukan para gum bahasa Jawa. Mereka merasa kebingungan untuk
memilih strategi yang hams mereka gunakan untuk mengajar bahasa Jaw agar tujuan
pengajaran bahasa Jawa berhasil. Sementara di keias mereka juga terdapat pembelajar
yang memiliii bak Jawa sebagai 81. Hal demikian memerlnkan solusi allematit
Ada beberapa strategi untuk pengajaran bahasa Jawa sebagai 82. Antara lain
dengan slrategi (1) berdasarkan media bahasanya: (a) bahasa Indonesia. (b) bahasa
Indonesia - Jawa, dan (c) bahasa Jaw - Indonesia: (2) berdasarkan tipe pengajarannya:
yaitu "tormulaic speech" (ujaran terpola) dan "erentive speech" (ujaran beatif: dan (3)
berdasarkan benluknya: (a) slrategi metakognitif. (b) strategi kognitif. (c) nrategi
sosioafektit
Untuk memilih strategi yang lcbih tepal, disarankan kepada gum bahasa Jawa:
(,1,) a.m bila munekin Dada taha~a wal w. n~-a.ia ranw mbelaiar dam1 dikelommkkelompokkan
krdasarbn bahasa'penamanya, (2) lahap kmn&han pemkiajar
mulai dtcnmpur anlarbahau, bail. yang mrmilrki 81 bahasa Jawa maupun 82 bahar?
Indonesia, dan (3) pembelajar pdu dibawa untuk karyawisata bahasa untuk
memberihn pemajanan bahasa (language exposure).

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.9270

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Social Media:

     


 

 Creative Commons License
Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index.

Translator
 
 web
    analytics
View Our Stats