PEMBERDAYAAN DOSEN MELALUI KARYA TULIS ILMIAH

Suroso Suroso,
Khaerudin Kurniawan Khaerudin Kurniawan,

Abstract


Misi perguruan tinggi meliputi darma pendidikan dan pengajaran,
penelitian, dan pengabdian pada masyarakat. Sebagai civitas akademika,
dosen berpotensi dalam mengemban ketiga misi tersebut. Misi penelitian
yang selama ini kurang mendapat perhatian kalangan dosen seyogianya
mendapat tempat yang utama, apalagi memasuki abad ke-21 yang penuh
dengan perubahan dan tantangan setiap dosen dituntut kreativitas untuk
melaksanakan penelitian, juga mengkomunikasikannya melalui karya .
tulis ilmiah.
Karya tulis ilmiah dapat dilakukan dalam berbagai bentuk, seperti
makalah, laporan penelitian, penyusunan buku-buku ilmiah, maupun
karya ilmiah yang dipublikasikan dalam media massa. Untuk rnelakukan
kegiatan itu ditempuh berbagai upaya yaitu membudayakan kegiatan
membaca dan menulis di kalangan dosen. Selama ini diamati bahwa
sebagian besar kegiatan dosen di perguruan tinggi diorientasikan pada
kegiatan pendidikan dan pengajaran.
Implikasi dari kenyataan tersebut, penulsian karya ilmiah di
kalangan dosen memprihatinkan. Hal ini ditandai dengan produktivitas
dosen yang rendah dalam penulisan karya ilmiah, termasuk di dalamnya
pemakaian bahasa Indonesia ragam keilmuan. Disamping itu, kalangan
perguruan tinggi hendaknya menjalin kerja sama dengan pihak luar
dalam ha1 ini lembaga-lembaga penerbitan, media massa, dan lain-lain
- daigkaorm huansiilk-ahsaiskialn p deanne lditiipaans asrekratan tkueli ssaenlu druohs elnap disia pne rmgausryuaarna ktiant.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.9221

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Social Media:

     


 

 Creative Commons License
Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index.

Translator
 
 web
    analytics
View Our Stats