MENGEFEKTIFKAN PERAN KELUARGA DALAM MENDlDlK ANAK

Suparlan Suparlan,
Mami Hajaroh,

Abstract


Perkembangan dan perubahan sosio kul tural secara
tidak langsung mempengaruhi perkembangan dan pendidikan
anak. Di satu sisi anak dituntut untuk rnenyesuaikan dengan
kemajuan Hmu pengetahuan dan teknologi serta padasisi lain
anak harus berbenturan dengan aneka ragam nilai budaya
yang satu sarna lain berbeda. Kondisi ini secara bersama
menghantam anak yang pada hakikatnya mereka sedang mencari
!igur yang akan dijadikan sebagai falsafah hidup mereka.
SehinggaJ tak ayal lagi semua itu mernbawa dampak negatif
terhadap pembentukan diri anak dan mempersulit keluarga
dalarn menjalankan kewajibannya mendidik anak.
Namun dernikian, menyalahkan keluarga atas keterbelakangan,
kenakalan dan kesesatan anak bukanlah merupakan
penyelesaian. Sikap yang lebih positif adalah menyiapkan kemampuan
keluarga agar dapat mendidik secara efektif.
Sebagai lembaga informal keluarga perlu dibina agar dapat
menciptakan keharmonisanJ memahami kependidikan, mampu
berkomunikasi, menyampaikan p~san dengan b1aik dan marnpu
mengatasi konflik orang tua-anak.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.9119

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Social Media:

     


 

 Creative Commons License
Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index.

Translator
 
 web
    analytics
View Our Stats