PEMBELAJARAN SEN[ SUARA JAWA UNTUK ORANG ASING

Kusnadi Kusnadi,

Abstract


Banyak orang asing yang bclajar budaya Jatra. scperti
bahasa dan sastra Jawa, seni pedalangan, seni karawitan, tari, dan
tembang.Bagi yang rnenipelajari seni suara Jawa (tembang)
diperlukan kemainpuan awal tentang(1) Laras Pelogdan Slendro (2)
irama (3) teknik vokal (4) wataklsuasana tenibang Di antara
keernpat faktor tersebut, penguasaan Laras Peiog dan Slendro scrta
teknik vokal ~nerupakan rnasalah bagi orang asing. Hal ini
disebahkan latar belakang tradisi seni ~nusiky ang berbeda.
Ada dua lnacaln [netode pembela.jaran yang sering
dipergunakan untuk pembelajaran tembatig Jaw& yaitu :(I) Metode
Mendengarkan-Menirukan yang dipergunakan urituk yang
seda~:gb clajar te~nbangti ngkat awal, dan (2) Metode Titi Laras-
Cakepan yang dipergunakan untuk peserta belajar tingkat lari.jut.
Metode pembelajaran yang baik adalah metode
pembelniaran yang sudah terbukti secara nyata men-ibuahkan hasil
bela.jar sesuai derigan yang dikehendaki. Di dalam penibela.jaran
seni te~nbang Jawa, antara Metode Mendengarkan-Meniri~ka~i
dengan Metode l'iti laras-Cakepan rnerupakan dua metode yang
saling berkaitan. Oleh karena itu di dalam pelaksanaannya bisa
dipadukan secara tepat sesuai dengan kondisi yang dihadapi.
Sedangkan untuk orang asing, teknik konversi nada dapat
dipergunakan untt~kjenibatan ~nengenal laras gamelan Jawa. Akan
tetapi lnotivasi awal, latar belakang budaya, serta seberapa la~na
niereka bela.iar akan ~nenentukan ~netode apa yang sebaiknya
diterapkan.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.9031

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Social Media:

     


 

 Creative Commons License
Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index.

Translator
 
 web
    analytics
View Our Stats