KERANCUAN PENGGUNAAN KONSEP VALENSI DALAM PENGAJARAN ILMUKIMIA

I Made Sukarna,

Abstract


Telah dipelajari penyajian k0I?-sep valensi dalam beberapa
buku teks ilmu kimia maupun buku-buku Hmu kimia
SMTA yang beredar saat ini. Buku teks.,ilmu kimia umu~nya
tidak lagi memperkenalkan konsep valensi. Akan tetapi, di
dalam buku'-buku ilmu kimia SMTA. yang beredar saat ini,
dijumpai adanya kerancua:1'J; da:n :ketidakajegan dalam penggunaan
konsep tersebut. Ditemukan pula penggunaan beberapa
istilah yang sangat dekat dengan pengertian valensi, yaitu:
claya ikat; muatan; tingkat valensij nilai atom; martabat
atom; valensi "negatif; dan valensi Ipositif serta bilangan
oksidasi.
Telah ditelaah perkembangan konsep valensi dari
waktu ke ·waktu, meliputi: konsep valensi berdasarkan patokan
atom hidrog~n; konsep valensi dihubungkan dengan
muatan formal; elektrovalensi dan kovalensi serta konsep
yang erat kaitannya dengan konsep valensi, yaitu konsep
bilangan oksidasi.
. Dalam makalah ini dicoba untuk memilih konsep
valensi atau konsep yang erat kaitannya dehgan hal tersebut
untuk digunakan dalam pengajaran ilmu kimia pada timumnya
dan pengajarall ilm~ kimia di SMTA pada khususny~. Dad
kajian konsep-=",konsep tersebut, dipilih bilangan oksidasi
sebagai pengganti- konsep valensi.. Hal ini berakibat perlu
dirtibahnY3- urutan penyajian ilmu kimia di SMTA, yaitu diajarkannya
pengertian konsep elektronegativitas dan konsep
bilangan oksidasi pada subpokok bahasan ikatan kimia pada
tahap a vial.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.8776

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Social Media:

     


 

 Creative Commons License
Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index.

Translator
 
 web
    analytics
View Our Stats