TANTANGAN PERGURUAN TINGGI DALAM MENGHADAPI ABAD XXI

Bambang Ruwanto,

Abstract


Abaci 21 yang ditandai dengan era keterbukaan di segala bidang kehidupan pasti dialami oleh bangs a Indo- terlaksananya pendidikan Kata Kunci: Tantangan, Abad 21 yang ada di Indonesia. Dengan demikian, keterbatasan dana dan fasilitas bukan menjadi faktor penghambat tidak kegiatan penelitian dapat dilakukan melalui kerja sarna IKIP YOGYAKARTA dengan lembaga-lembaga penelitian YOGYAKARTA dalam rangka perluasan mandat menjadi universitas. Pengembangan ilmu-ilmu dasar melalui itu, perlu ada orientasi yang jelas bagi program-program ilmu murni yang diselenggarakan oleh IKIP khususnya, menjadi tantangan bagi perguruan tinggi dalam menghadapi persaingan IPrEK pada abad 21. Oleh karena peningkatan mutu secara berkelanjutan. Pengembangan ilmu-ilmu .dasar termasuk fisika didasari oleh variabel-variabel: otonomi, akuntabilitas, akreditasi dan evaluasi pada dasarnya ditujukan untuk menghadapi tantangan di era global. Untuk mewujudkan hal tersebut, penataan sistem pendidikan tinggi yang pendidikan di Indonesia dituntut untuk meningkatkan kualitasnya dalam upaya mencetak SDM yang mampu dengan peningkatan kualitas SDM. Pendidikan tinggi sebagai bagian dari sistem nesia. Untuk menghadapi era tersebut diperlukan persiapan di segala aspek kehidupan, khususnya yang berkaitan Abstrak

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.8627

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Social Media:

     


 

 Creative Commons License
Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index.

Translator
 
 web
    analytics
View Our Stats