KOMPETENSI PROFESIONAL DAN PEDAGOGI MAHASISWA DALAM PELAKSANAAN PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN

Gito Hadiprayitno,

Abstract


Telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk menganalisis kompetensi profesional dan pedagogi mahasiswa dalam melaksanakan program pengalaman lapangan. Kegiatan penelitian dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2014/2015 mulai bulan Oktober sampai Desember. Sampel penelitian terdiri dari 16 mahasiswa yang melaksanakan program pengalaman lapangan di 7 sekolah (SMP. dan SMA) yang ada di Kota Mataram dan Kabupaten Lombok Tengah. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi yang dilakukan oleh guru pamong dengan menggunakan angket. Angket terdiri dari perancangan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis, pemanfaatan teknologi pembelajaran, dan evaluasi hasil belajar. Data dalam penelitian ini dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif melalui analisis skor Instrumen Penilaian Perencanaan Pembelajaran, Lembar Kerja Analisis Pembelajaran, dan angket kompetensi profesional. Skor penilaian untuk setiap aspek yang dinilai pada Instrumen Penilaian Perencanaan Pembelajaran (IPPP) menggunakan skor rata-rata seluruh mahasiswa yang dikategorikan menjadi 3 kategori penilaian, yaitu 2 < S ≤ 3 (Sesuai Seluruhnya), 1 < S ≤ 2 (Sesuai Sebagian), S = 1 (tidak sesuai), sedangkan untuk Lembar Kerja Analisis Pembelajaran  dikategorikan menjadi 4 kualifikasi penilaian, 3 < S ≤ 4 (Sangat Baik), 2 < S ≤ 3 (Baik), 1 < S ≤ 2 (Cukup Baik), S = 1 (Tidak Baik). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogi mahasiswa PPL dalam membuat kegiatan perencanaan pembelajaran memiliki rerata skor sebesar 2,74 (sesuai seluruhnya), sedangkan kompetensi pedadogi dan profesional mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran berturut-turut memiliki rerata skor sebesar 3,25 dan 3,22 yang termasuk ke dalam kategori sangat baik.

 

Kata Kunci: kompetensi pedagogi, profesional, PPL, Universitas Mataram


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v15i2.8093

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Social Media:

     


 

 Creative Commons License
Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index.

Translator
 
 web
    analytics
View Our Stats