PENGARUH FIELD EXPERIENCE CALON GURU EKONOMI TERHADAP KEYAKINAN EFIKASI MENGAJAR DAN MANAJEMEN KELAS (KAJIAN TEORI KOGNITIF SOSIAL)

Nurdian Susilowati,

Abstract


Tujuan Penelitian ini adalah  (1) Mengetahui peningkatan keyakinan efikasi mengajar sebelum dan sesudah melakukan field experience dan (2) Mengetahui peningkatan pengelolaan kelas (manajemen kelas) sebelum dan sesudah melakukan field experience. Desain penelitian yang digunakan adalah Design One Group Pretest-Postes dengan menggunakan uji paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada peningkatan keyakinan efikasi mengajar calon guru setelah melakukan micro teaching/field experience. Keyakinan efikasi mengajar yang tinggi dapat menentukan kepercayaan diri mahasiswa dalam mengajar. Selain itu,  mahasiswa calon guru juga mempunyai keyakinan manajemen kelas yang meningkat setelah melakukan micro teaching. Keyakinan manajemen kelas yang baik dapat menentukan proses pembelajaran yang efektif sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.

 

Kata Kunci: field experience, keyakinan efikasi mengajar, keyakinan mengelola kelas, mahasiswa calon guru ekonomi


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v15i2.8087

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Social Media:

     


 

 Creative Commons License
Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index.

Translator
 
 web
    analytics
View Our Stats