PRAGMATIK, CARA PENGAJARAN DAN CARA PENILAIANNYA DALAM BAHASA INDONESIA

Sudaryanto Sudaryanto,

Abstract


Pada pertengahan dekade delapan puluhan, dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di SD, SMTP dan SMTA dihangatkan oleh kehadiran Pokok Bahasan baru yang dikenal dengan nama Pragmatik. Pokok Bahasan ini rclatif masih sangat muda baik di negara asalnya (Negara Barat), maupun di negara kita Indonesia jika dibandingkan dengan Pokok-pokok Bahasan yang lain di dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia.

Pragmatik dapat berupa suatu keterampilan, sering disebut dengan istilah Keterampilan Pragmatik, dan dapat pula berupa suatu ilmu atau teori yang disebut dengan I1mu Pragmatik. Kelerampilan Pragmatik ialah kemampuan menggunakan bahasa yang disesuaikan dengan konteks, kondisi dan situasi pemakainya. I1mu Pragmatik ialah suatu telaah bahasa yang membicarakan penggunaan bahasa yang disesuaikan dengan konteks, kondisi dan situasi pemakaiannya.

Pembicaraan dalam Pragmatik di antaranya meliputi masalah konsep teori tindak bahasa, konsep implikatur percakapan, variasi berbahasa, dieksis dan sebagainya.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.7728

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Social Media:

     


 

 Creative Commons License
Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index.

Translator
 
 web
    analytics
View Our Stats