MENDIDIK CALON PENDIDIK

Pranowo Pranowo,

Abstract


Mendidik adalah sebuah proses. Ia akan memerlukan waktu. Sebab, apapun namanya, sebuah proses adalah terjalinnya hubungan antara berbagai besaran dalam kurun waktu tertentu. Dalam hal ini pendidikan merupakan alat sekaligus, tempat terjadinya proses itu. Dengan kata lain, pendidikan adalah proses transformasi nilai yang diberikan oleh pendidik kepada terdidik (Burrow, 1984, hal. 51).

Transformasi ini akan berjalan terus sesuai dengan mekanisme pendidikann yang telah ditetapkan. Dari sini, akan terlihat keterlibatan masing-masing pihak dalam proses pendidikan ini. Proses pendidikan ini, yang dipandang jauh lebih luas dari proses pengajaran, (Lock, 1976, hal. 17) akan menjembatani kesenjangan antara subjek didik dan objek didik. Namun, itu akan memerlukan proses. Dan, proses ini memerlukan waktu yang relatif lama.

Inilah sebabnya, proses pendidikan itu terjadi dalam jangka waku yang sangat panjang. Bahkan, bisa dikatakan seumur hidup. Konsep ini tentu tidak bedebihan, mengingat pendidikan itu bisa diterjemahkan ke dalam berbagai segi, menurut pandangan masing-masing pihak. Artinya, jika pendidikan ditinjau melalui pendekatan human behavior, maka ia berorientasi pada usaha untuk merubah tingkah laku seseorang. Terlepas dari akibat buruk yang mungkin terjadi selama proses pendidikan itu berlangsung (Lock, ibid, hal. 29).

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.7614

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Social Media:

     


 

 Creative Commons License
Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index.

Translator
 
 web
    analytics
View Our Stats