PENGEMBANGAN PENGAJARAN BERBANTUKAN KOMPUTER SUATU STRATEGI UNTUK MENCAPAI TUJUAN INSTRUKTIONAL

Subardjono Subardjono,

Abstract


Komputer sebagai "Teaching Machine" merupakan aplikasi langsung dari konsep yang menyatakan bahwa alat dan materi tidak saja menjanjikan informasi, tetapi lebih dari itu harus ada hubungannya dengan perilaku peserta didik yang meliputi: jawaban, sekuensa yang terkendali, penguatan ("teleinforcement") yang segera dan sering, dan laju belajar individual sehingga "contingencies reinforcement" di dalam kegiatan belajar dapat dikelola dengan baik.

Di dalam proses belajar-mengajar inovatif direfleksikan penekanannya pada kegiatan belajar peserta didik dan bukan kegiatan mengajar guru, sehingga guru sebagai penyebar informasi ("transmitter of information") lebih berperan sebagai pembimbing, penasehat, dan pendorong di dalalm proses belajar peserta didik di dalam kelas semakin berkurang. Presentasi belajar seperti ini akan menuntut lahirnya guru-guru canggih ("sophisticated techers") yang denan medium komputer dapat mengembangkan kegiatan belajar madiri, pemanfaatan sumber-sumber belajar, permainan dan simulasi, dan belajar masyarakat lingkungannya.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.7573

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Social Media:

     


 

 Creative Commons License
Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index.

Translator
 
 web
    analytics
View Our Stats