PERANAN REKREASI BAGI KEHIDUPAN KELUARGA

J. Hartono,

Abstract


Tidak seorangpun mengetahui dengan pasti sejak kapan rekreasi itu timbul/lahir di tengah-tengah kehidupan manusia. Tetapi yang jelas bahwa kebutuhan untuk mengisi waktu luangnya dengan melakukan kegiatan yang bermanfaat bagi dirinya (kesehatannya) dan bagi lingkungannya (berkumpul dengan orang lain/hidup bermasyarakat) semakin dirasakan sekali oleh setiap orang terutama di kota-kota besar yang penuh dengan kesibukan yang sifatnya rutin yang dapat menimbulkan rasa jenuh ataupun bosan karena lelah jasmani dan rokhaninya/

Sehingga timbul keinginan untuk melakukan sesuatu yang menyenangkan, penuh kegembiraan dan mendatangkan kepuasan. Ingin melepaskan diri dari kesibukan sehari-hari yang menimbulkan ketegangan untuk medapatkan kesegaran kembali baik jasmani maupun rokhani. kehidupan keluarga (terutama keluarga besar dan hidup di kota besar) juga tidak terlepas dari keadaan yang demikian itu, penuh denan kesibukan yang sangat menyita perhatian dan waktu sera melelahkan baik jasmani maupun rokhani, sehingga masing-masing anggota keluarga tidak saling memperhatikan keadaan masing-masing. Kalau keadaan yang demikian ini tidak segera diatasni, maka akan menimbulkan akibat yang cukup gawat dalam keluarga, terutama bagi anak-anak. Akibat yang jelas bagi anak-anak adalah bahwa semua tingkah laku dan tindakannya tidak ada yang mengawasi dan tidak ada yang mengarahkan. Anak mempunyai sikap/watak suka menirukan tingkah laku dan perbuatan orang yang lebih dewasa tanpa mengetahui baik atau buruk pengaruhnya bagi dirinya ataupun bagi lingkungannya. Untuk mengatasi hal itu perlu dicari jalan keluarnya yang tepat dan baik.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.7550

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Social Media:

     


 

 Creative Commons License
Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index.

Translator
 
 web
    analytics
View Our Stats