PERANAN PROGRAM REMIDIAL DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI BELAJAR

Warji Reksohutomo,

Abstract


Adalah suatu realita bahwa dalam proses belajar mengajar terdapat perbedaan-perbedaan pada diri siswa, baik yang berasal dari faktor-faktor internal maupun eksternal. Perbedaan perbedaan itu antara lain dalam hal :

  1. Waktu dan irama perkembangan
  2. Motif, inteligensi dan emosi
  3. Kecakapan menangkap pelajaran
  4. Pembawaan
  5. Lingkungan

Dengan perbedaan-perbedaan itu akan dihasilkan tingkat penguasaan belajar yang berbeda-beda pula. Ini berarti bahwa dalam pelaksanaan proses belajar-mengajar itu ada siswa-siswa yang cepat dan berhasil mencapai tujuan instruksional yang hendak dicapai. Namun sebaliknya ada pula siswa-siswa yang lambat dan menemui kesulitan dalam mencapai tujuan instruksional itu.

Untuk memberikan pelayanan kepada individu siswa dan tingkat keberhasilannya yang berbeda-beda, maka proses belajar mengajar di sekolah-sekolah kita selain berorientasi kepada tujuan instruksional yang hendak dicapai, juga berorientasi kepada prinsip belajar tuntas. Khusus untuk melayani siswa yang lamban, menemui kesulitan dalam mencapai tujuan isntruksional, maka dilaksanakan program remedial dalam proses belajar-mengajar. Dengan program remedial itu diharapkan semua siswa yang mengalami kesulitan belajar dapat ditolong, sehingga tak ada seorang pun dari seluruh populasi siswa yang tidak berhasil dalam mencapai tujuan instruksional yang di tentukan. Dengan demikian berarti bahwa dilaksanakannya program dalam proses belajar-mengajar akan meningkatkan efektivitas dan efisiensi belajar.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.7460

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Social Media:

     


 

 Creative Commons License
Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index.

Translator
 
 web
    analytics
View Our Stats