KETERLIBATAN MINAT BACA MAHASISWA DALAM MENUNJANG SISTEM KREDIT : SEBUAH MASALAH

Sardiman AM.,

Abstract


Perkembangan science dan teknologi yang begitu cepat dewasa ini telah mengakibatkan berbagai perubahan di setiap sektor kehidupan, termasuk sektor pendidikan. Justru pada pendidikan inilah yang sering kali mengalami perubahan-perubahan baik yang hanya sekedar tambal sulam maupun perubahan secara struktural. Perubahan, penyempurnaan dan pembaharuan dalam penyelenggaraan pendidikan itu sebagai suatu yang wajar. Karena memang menangani bidang pendidikan berarti mengurus manusia yang dalam dirinya terkandung berbagai kompleksitas komponen yang dinamis, tidak statis. Mendidik adalah usaha kemanusiaan yang notabenenya akan menggarap berbagai persoalan mengenai sikap tingkah laku yang begitu uniek dan kompleks.

Dikaitkan dengan kegiatan pembangunan manusia seutuhnya maka bidang pendidikan yang tidak pernah mandeg itu memiliki posisi sangat strategis. Tetapi sebagai konsekuensinya, hal itu merupakan tantangan yang cukup berat bagi setiap warga Negara terutama yang secara langsung menangani bidang pendidikan ini. Diamanatkan oleh Pembukaan UUD 1945, bahwa kita harus mensejahterakan dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Kemudian ditunjukkan oleh GBHN bahwa pendidikan nasional berdasarkan Pancasila dan bertujuan untuk meningkatkan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, kecerdasan ketrampilan, mempertinggi budi pekerti, memperkuat kepribadian dan mempertebal semangat kebangsaan agar dapat menumbuhkan manusia-manusia pembangunan yang mampu membangun dirinya sendiri dan bersama-sama bertanggung jawab atas pembangunan bangsa.

Untuk mencapai cita-cita tersebut bukan sesuatu yang ringan tetapi merupakan tanggung jawab yang sangat besar. Apalagi ditambah dengan timbulnya tantangan akibat dari dmnpak kemajuan teknologi yang amat pesat ini. Manusia harus dapat menyesuaikan dengan perkembangan (dalam arti penyesuaian seeara aktif, tidak saja pasrah) dan mampu melanjutkan tugas pembangunan. Sehubungan dengan itu maka manusia, apalagi generasi muda dan mahasiswa senantiasa harus terus belajar.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.7458

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Social Media:

     


 

 Creative Commons License
Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index.

Translator
 
 web
    analytics
View Our Stats