MENINGKATKAN KETAHANAN NASIONAL DALAM BIDANG SOSIAL-BUDAYA LEWAT JALUR MAHASISWA

Wardji Reksohutomo,

Abstract


Setiap bangsa mempunyai tujnan nasional. Dalam proses mencapai tujuan nasionalnya bangsa tersebut menghadapi hakekat ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan dalam segala bentuk dan manifestasinya baik seeara langsung maupun tidak langsung, baik yang berasal dari dalam maupun dari luar. Agar dapat mengatasi ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan tersebut, suatu bangsa harus mempunyai Ketahanan Nasional yang kuat. Pembinaan Ketahanan Nasional suatu bangsa mempunyai dua sasaran, yaitu meningkatkan keuletan dan ketangguhan di satu fihak, sedang di lain fihak membina hakekat ancaman, tantangan hambatan dan gangguan.

Ketahanan Nasional meliputi segala aspek kehidupan nasional suatu bangsa, antara lain aspek Sosial-Budaya, Pembina dan Peningkatan ketahanan Nasional dalam aspek Sosial-Budaya antara lain dapat ditempuh lewat jalur Mahasiswa, sebagai generasi muda terpilih yang mempunyai ciri khas yang dominan dan menonjolkan dalam berperan serta dalam pembangunan nasional untuk mencapai Tujuan Nasional. Pembinaan tersebut lewat jalur formal dan informal dengan memberikan

pengarahan yang tepat dan terus-menerus.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.7445

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Social Media:

     


 

 Creative Commons License
Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index.

Translator
 
 web
    analytics
View Our Stats