INOVASI TERHADAP DIMENSI KURIKULUM DAN GURU SEBAGAI ALTERNATIF UPAYA PENINGKATAN MUTU PENDIDlKAN TEKNOLOGI DAN KEJURUAN

Mohamad Isa Ansori,

Abstract


Dunia pendidikan, akhir-akhir ini banyak menarik perhatian. Pokok­pokok pembaharuan pendidikan dibahas dan ditanggapi secara luas dan ramai.  Dalam hal ini, pendidikan diartikan sebagai usaha manusia yang bertujuan memperluas cakrawala pemikiran atau pengetahuan, mening­katkan keterampilan dan membentuk watak (character building) agar ia menyadari

eksistensi dirinya dalam kehidupan sosial. Masalah yang banyak dilontarkan dewasa ini adalah rendahnya mutu lulusan sekolah, terutama sekolah-sekolah kejuruan yang diharapkan menghasilkan tenaga kerja siap pakai.

Dunia industri mengeluh karena tenaga kerja yang dihasilkan saat ini memiliki keterampilan yang rendah bahkan hanya semi terampil. Lulusan lulusan pendidikan teknologi dan kejuruan yang iidak siap pakai akan ter­lihat dari hasil kerja serta produktivitas mereka dalam melaksanakan tugas­nya. "Sebab tingkat kesiapan seorang tenaga kerja diukur dari bekal penge

tahuan, keterampilan dan sikap dalam menghadapi bidang kerjanya

Menurut statistik pada akhir PeJita III, jumlah sekolah  teknologi dan kejuruan sebanyak 1200 sekolah dengan jumlah siswa sebanyak 763.915orang dan terus berkembang hingga Pelita sekarang.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.7435

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Social Media:

     


 

 Creative Commons License
Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index.

Translator
 
 web
    analytics
View Our Stats