Pendidikan dan Kelestarian Lingkungan

Subiyanto Subiyanto,

Abstract


Dewasa ini ahli-ahli pendidikan memberikan pengertian pendidikan dengan warna proses perkembangan masyarakat yang bermuka dan beraspek banyak (Dr. Emile Salim). Istilah pendidikan itu telah dikenal banyak orang dan setiap orang tahu dan mengerti apa pendidikan itu -  melihat salah satu kemungkinannya. Kemungkinan lain adalah bahwa setiap orang sebenarnya tidak tahu dan tidak mengerti pendidikan; atau setiap orang sesungguhnya tidak mengerti pendidikan, mereka hanya tahu saja.

Pendidikan itu suatu made-man structure, kata T. A. Razik, pemikir pola analisa sitem. Pendidikan adalah suatu proses interaksi yang menuju ke suatu tujuan khusus (rumusan hasil rapat kerja Fakultas Ilmu Pendidikan - IKIP Yogyakarta).

Pendidikan suatu proses pembentukan pribadi seperti yang dicita-citakan, atau suatu proses pembentukan pribadi dengan cara mendalam seperti terlihat pada perubahan tingkah laku yang diharapkan dan dicita-citakan.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.7392

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Social Media:

     


 

 Creative Commons License
Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index.

Translator
 
 web
    analytics
View Our Stats