Pendidikan Kependudukan di IKIP Yogyakarta

Sumantri W.,

Abstract


Sesudah perang Dunia ke II, tingkat pertumungan penduduk yang cepat menarik perhatian banyak kalangan, terutama di negara-negara sedang berkembang termasuk Indonesia.

Umumnya anegara tersebut telah merumuskan langkah kebijaksanaan untuk menanggulangi pertumbuhan penduduk yang sangat cepat itu. Di Indonesia, di Repelita II secara explisit telah dicantumkan program pengurangan laju pertumbuhan penduduk dengan Keluar Berencana, penurunan kematian bayi dan pendidikan kependudukan.

Timbulnya gagasan untuk mengambil langkah-langkah kebijaksanaan kependudukan harus dilihat dari segi perkembangan yang terjadi sejak Perang Dunia II. Perubahan yang terpenting adalah perubahan politik sejak kemerdekaan, usaha pemerintah banyak diarahkan guna menaikkan tingkat hidup dan kesejahteraan penduduk. Hasil yang sangat menonjol adalah dibidang kesehatan. Sarana program ini telah diterima dengan gembira sampai di pelosok desa.

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.7391

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Social Media:

     


 

 Creative Commons License
Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index.

Translator
 
 web
    analytics
View Our Stats