Profesi dan peranan guru *) di sekolah dengan sedikit tinjauan kultural

Sardiman AM,

Abstract


Tidak dapat disangkal lagi bahwa perkembangan ilmu pengetahuan, ekonomi dan teknologi yang merupakan ciri kuat di dalam kehidupan umat manusia, termasuk pengaruhnya di sekitar pendidikan. Justru di bidang pendidikan yang merupakan dapur produksi sumber daya manusia ini seirng kali deras menerima pengaruh-penagru tersebut. Sehingga dengan demikian diperlukan keahlian, kecermatan dan ketekunan dalam menterjemahkan ilmu pengatahuan dan teknologi ke dalam kenyataan-kenyaaan yang ada. Untuk itu dituntut adanya tenaga-tenaga ahli atau tenaga-tenagra profesioal, agar dapat menjawab berbagai tantangan yang timbul akibat bermacam-maca pengaru diatas. Dan sudah barang tentu sesuai dengan bidang dan profesi masing-masing, termasuk dalm hal ini guru sebagai tenaga profesional di bidang kependidikan.

Guru adalah salah satu komponen yang ikut berperan dalam usaha pembentukan sumber daya manusia yang potensial di bidang pembanguna. Oleh karena itu guru merupakan untuk mansiawi di bidang kependidikan harus berperan aktif dan menempatkan kedudukannya sebagai tenaga profesional, sesuai dengan tuntuan budaya masyaraat yang semakin berkembang. Guru tidak hanya sebagai pengjar, tetapi sekaligus sebagai pendidik dan pembimbng serta memiliki peranan yang sangat kompleks di dalam kegiatan belajar mengajar, untuk emngantar anak didik ke taraf yang dicita-citakan.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.7387

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Social Media:

     


 

 Creative Commons License
Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index.

Translator
 
 web
    analytics
View Our Stats