Pemantapan Teknologi Komunikasi Pendidikan

Yusufhadi Miarso,

Abstract


Pada umumnya sudah kita ketahui bahwa pmerataan pendidikan bukanlah sekedar ekspansi linear dari dimensi yang bersifat dalam sistem pendidikan, seperti misalnya menambah jumlah sekolah, jumlah guru, jumlah uang, jumlah fasilitas dan buku pelajaran dll. Aspek yang bersifat kualitatif seperti misalnya efisiensi eksternal denagn indikator kesempatan lulusan, standar prestasi murid, karakteristik lulusan, dll. Secara sekaligus perlu pula ditingkatkan.

Di samping itu dengan adanya berbagai hambatan di luar sistem pendidikan seperti hambatan geografis, sosial ekonomis ataupun hambatan fisik maupun mental yang mengahalangi hasrat pendapat pendidikan, maka perlu pula ditingkatkan dan dikembangkan berbagai bentuk dan cara penyajian untuk membantu pelaksanaan program pemerataan pendidikan.

Salah satu bentuk dan cara penyajian yang kita kenal luas adalah "sekolah". Bentuk ini mempunyai cara yang konvensional seperti adanya gedung khusus, adanya kurikulum yang diberlakukan, adanya sejumlah murid tertentu, dll. Bentuk inipun kalau kita tinjausecara historis merupakan perkembangan dari bentuk yang kita ketahui pada jaman dahulu dimana seorang pandai mengajarkan kepandaiannya kepada beberapa orang murid, tanpa ada pedoman.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.7367

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Social Media:

     


 

 Creative Commons License
Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index.

Translator
 
 web
    analytics
View Our Stats